Tulus Pakai Ilmu Arsitek dalam Menciptakan Musiknya

Ia merasa arsitektur adalah ilmu terapan yang menyangkut kemampuan atau penguasaan pada sesuatu yang tidak mungkin dilupakan.

Tulus Pakai Ilmu Arsitek dalam Menciptakan Musiknya
Tribunnews.com/ Achmad Rafiq
Penyanyi solois, Muhammad Tulus ketika ditemui usai menghadiri Media Gathering Joox Live Concert di kawasab SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (29/4/2016) sore. 

TRIBUNSOLO.COM - Ternyata tiga hal utama yang dipelajari selama kuliah di jurusan arsitektur, tetap berguna saat Tulus menciptakan musiknya.

Tiga hal itu adalah keindahan, struktur dan fungsi.

“Pada saat saya menjalani musik, saya juga menerapkan apa yang saya pelajari di arsitektur, dari sekian lama belajar arsitektur, ada tiga inti yang saya pelajari, Indah, berstruktur dan berfungsi," ujar Tulus.

"Yang saya kerjakan sekarang sebenarnya sama, saya selalu membuat sesuatu yang ada strukturnya, berusaha membuat lagu yang indah, walau tidak selalu berhasil."

"Dan, juga mencoba membuat lagu yang ada fungsinya, setidaknya untuk saya dan orang lain,” terang Tulus.

Walau sekarang sudah lama tidak mempraktekkan ilmu yang ia pelajari, Tulus percaya jika ia tidak akan melupakan ilmu tersebut.

Ia merasa arsitektur adalah ilmu terapan yang menyangkut kemampuan atau penguasaan pada sesuatu yang tidak mungkin dilupakan.

Yang penting adalah pengasahan latihan untuk bisa kembali mahir.

“Karena arsitektur adalah ilmu terapan, sama seperti kemampuan berenang dan menyetir, saya tidak akan mungkin melupakan."

"Apalagi, lulusnya juga tidak gampang, untuk ke depannya, kalau saya berbisnis di luar musik, saya inginnya melakukan sesuatu yang berhubungan dengan studi yang saya ambil, arsitektur,” ungkap Tulus.

Halaman
12
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved