Peringatan Malam Satu Suro di Solo

Benarkah Kotoran Kerbau Bule Keraton Solo Bisa Bebaskan Tanaman Padi dari Hama Wereng?

Keraton Surakarta akan mengadakan Kirab Malam Satu Sura atau 1 Muharram pada Kamis (21/9/2017), dimulai pukul 23.00 WIB.

Benarkah Kotoran Kerbau Bule Keraton Solo Bisa Bebaskan Tanaman Padi dari Hama Wereng?
TribunSolo/Bima Sandria Argasona
Kerbau bule di kandangnya, kawasan Alun-alun Kidul keraton Solo, Rabu (20/9/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Bima Sandria

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Sebagian orang memercayai jika kotoran dari Kerbau Bule milik Keraton Kasunanan Surakarta bisa mendatangkan keberuntungan bagi yang mengambilnya, termasuk menghilangkan hama wereng tanaman padi di sawah.

Mitos tersebut tersebar luas di masyarakat Surakarta dan sekitarnya.

Namun, tak banyak orang pernah membuktikan hal tersebut.

Seperti apa yang dikatakan oleh Suparti (71) pedagang es buah.

Dirinya belum pernah membuktikan mitos tersebut.

"Ya kalau itu kan tergantung kepercayaan, saya sendiri belum membuktikan mitos tadi," ujar Suparti saat ditemui oleh Wartawan TribunSolo.com di Kawasan Keraton Kasunanan Surakarta pada Rabu (20/9/2017).

Baca: Di Balik Mitos Kotoran Kerbau Bule yang Diperebutkan dalam Kirab Malam 1 Muharram Keraton Solo

Walaupun belum membuktikan kebenaran dari mitos tersebut, Suparti pernah mendapatkan cerita dari beberapa orang yang sudah membuktikan mitos dari Kotoran Kerbau Bule tersebut.

"Saya pernah dengar kalau orang yang punya sawah, sawahnya ditaburi pupuk kotoran kerbau bule sawah bisa bebas hawa wereng," kata Suparti.

Hal tersebut juga dikuatkan oleh pernyataan dari KRT Warsito Hadibowo, Panitia Kirab Malam Satu Suro yang menyatakan semuanya berdasarkan kepercayaan dari masyarakat masing-masing.

"Semua tergantung kepercayaan masing-masing, pernah ada yang membuktikan menabur kotoran kerbau di sawahnya bisa buat pupuk untuk menghilangkan hama, jika ditaruh di toko dagangannya akan menambah laris jualannya," ucap Warsito saaat ditemui di Kearton Kasunanan pada Rabu (20/9/2017).

Keraton Surakarta akan mengadakan Kirab Malam Satu Sura atau 1 Muharram pada Kamis (21/9/2017), dimulai pukul 23.00 WIB.

Prosesi kirab akan dimulai dari Kori Kamandungan - Alun Alun Utara - Gladag - Jl. Mayor Kusmanto - Jl. Kapten Mulyadi - Perempatan Baturono - Gading - Perempatan Gemblegan - Perempatan Nonongan - Jl. Slamet Riyadi - Gladag - Kori Kamandungan.

Keraton Kurakarta akan mengeluarkan tujuh kerbau bule dan pusakan keraton yang akan dikirab melalui rute yang sudah ditentukan itu.(*)

Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved