Breaking News:

Perbanyak Investor Asing, Sistem Online Izin Tinggal Keimigrasian Disempurnakan

"Online KITAS mempermudah para invesetor asing yang datang ke Indonesia karena mendapat izin tinggal terbatas," katanya.

TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNHA PRADIPHA
Sosialisasi Internalisasi Kebijakan Teknis Izin Tinggal Keimigrasian Tahap II di Hotel Alana, Colomadu, Karanganyar, Kamis (16/11/2017) pagi. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Chrysnha Pradipha

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhumkam) gencar meningkatkan pelayanan izin tinggal keimigrasian bagi Warga Negara Asing (WNA).

Hal itu dilakukan dalam sosialisasi internalisasi kebijakan teknis izin tinggal keimigrasian tahap II di Hotel Alana, Colomadu, Karanganyar, Kamis (16/11/2017) pagi.

Sosialiasasi dihadiri oleh seluruh perawakilan Kantor Imigrasi di Indonesia.

Ditemui wartawan, Direktur Izin Tinggal Keimigrasian, Yudanus Dekiwanto, menerangkan, sosialisasi sistem online Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dikhususkan untuk warga asing.

Baca: Gelaran Solo Inovatif Expo 2017 Resmi Dibuka di Lapangan Parkir Stadion Manahan

"Online KITAS mempermudah para invesetor asing yang datang ke Indonesia karena mendapat izin tinggal terbatas," katanya.

Dijelaskannya, sistem online yang ada saat ini merupakan penyempurnaan dari sitem yang pernah ada sejak 2016.

Bahkan, sistem online telah diuji cobakan di 15 kantor imigrasi.

Dengan memproses izin tinggal melalui sistem online, warga asing dapat bertransaksi melalui bank tanpa pungutan dari petugas imigrasi.

Kemudian, proses izin tinggal kemigrasian yang awalnya membutuhkan waktu tiga hari dapat dipersingkat hanya dalam satu jam.

Warga asing hanya datang untuk berfoto dan sidik jari sebagai persyaratan izin tinggal sementara pemasukan data dan verifikasi dapat diproses online.

"Mudah-mudahan semakin memudahkan masyarakat terutama investor asing di Indonesia," harapnya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved