Breaking News:

Hari Batik Nasional, Begini Perjalanan Sehelai Kain di Laweyan Solo yang Mengandung Makna

Pagelaran tari dan busana ini menjadi atraksi seni utama dalam program peringatan HBN 2018 yang digelar 1-3 Oktober 2018 di Solo dan Yogyakarta.

TRIBUNSOLO.COM/CHRYSHNA PRADIPHA
Sendratari Perjalanan Sehelai Kain di Laweyan dipentaskan dalam peringatan Hari Batik Nasional 2018 di Ndalem Gondosuli, Laweyan, Solo, pada Selasa (2/10/2018) pagi. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Chrysnha Pradipha

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Pementasan sendratari sejarah batik di Laweyan telah ditampilkan dalam peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2018 di Ndalem Gondosuli, Laweyan, Solo, pada Selasa (2/10/2018) pagi.

Sendratari bertajuk Perjalanan Sehelai Kain itu dimainkan para penari latar dan model dalam balutan ragam busana batik karya perancang Indonesia.

Pagelaran tari dan busana ini menjadi atraksi seni utama dalam program peringatan HBN 2018 yang digelar 1-3 Oktober 2018 di Solo dan Yogyakarta.

Program HBN diawali pada Senin (1/10/2018) dengan kunjungan ke galeri batik Go Tik Swan dan kemudian dilanjutkan ke Museum Batik Danar Hadi.

Adelia Pasha Ungkap Kondisi Terkini Korban Gempa di Palu : Keadaan Mulai Tidak Kondusif

Setelah itu, menggunakan becak atau andong, para peserta HBN bejalan-jalan santai ke kampung batik Laweyan untuk mengunjungi para perajin batik dan pelaku industri di sana.

Ketua Panitia HBN, Titiek Imawati, menyampaikan, kunjungan bukan hanya sebagai berkenalan dan memperluas jaringan, tapi juga memperdalam pengetahuan orang mengenai sejarah Kampung Batik Laweyan.

"Di sini orang bisa memahami batik dari nilai sejarahnya, keasliannya, regenerasinya, hingga nilai ekonominya yang terbangun luas hingga mancanegara," ujarnya saat ditemui TribunSolo.com.

Sebagai program acara utama, Perjalanan Sehelai Kain secara khusus digelar di Ndalem Gondosuli yang digarapkan menjadi pusat edukasi dan galeri batik digital.

Aksi Lempar Sesajen Warnai Tradisi Dukutan Nglurah di Tawangmangu

Ketua Yayasan Batik Indonesia (YBI),  Jultin Harlotina, mengatakan, sendratari Perjalanan Sehelai Kain merupakan puncak seremoni Hari Batik Nasional 2018 dan menjadi seri lanjutan dari program sejenis 2017 lalu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved