Abu Bakar Baasyir Dibebaskan

Jelang Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir, Kerabat Mengeluh Sempat Kesulitan Menengok di Tahanan

Waktu Abu Bakar Ba'asyir masih ditahan di Bareskrim Mabes Polri dan saat dipindahkan di LP Nusakambangan, kerabat masih diizinkan untuk menjenguk.

Penulis: Agil Trisetiawan | Editor: Hanang Yuwono
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Humas di Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki, Grogol, Sukoharjo, Muchshon. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Abu Bakar Ba'asyir akan bebas dari penjara setelah 9 tahun mendekam di balik jeruji besi karena kasus terorisme.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui pembebasan Abu Bakar Ba'asyir, seperti yang disampaikan kuasa hukum Jokowi - Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, beberapa hari lalu.

Menanggapi kabar tersebut, seorang murid Abu Bakar Ba'asyir yang saat ini menjadi humas di Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki, Grogol, Sukoharjo, Muchshon berharap pembebasan Abu Bakar Ba'asyir segera terealisasi.

Saat ditemui TribunSolo.com di ruang kerjanya, Sabtu (19/1/2019), Muchshon sempat mengeluhkan kebijakan pemerintah terkait keinginan para kerabat dan pengelola Ponpes Islam Al-Mukmin untuk menjenguk Abu Bakar Ba'asyir.

Yusril Tegaskan Pemerintah Tak Gentar terhadap Tekanan Asing soal Pembebasan Abu Bakar Baasyir

"Dulu kerabat boleh membesuk Ustadz Abu Bakar Ba'asyir di penjara, saat ini kita dilarang," kata Muchshon.

Muchshon menambahkan, waktu Abu Bakar Ba'asyir masih ditahan di Bareskrim Mabes Polri dan saat dipindahkan di LP Nusakambangan, kerabat masih diizinkan untuk menjenguk.

"Kami dulu masih sering menjenguk, paling tidak sebulan sekali, kami bergantian dengan pengurus Ponpes lainnya," katanya.

Muchshon tidak mengatahui alasanya larangan tersebut, tapi setelah ada aturan itu diberlakukan, hanya pihak keluarga yang boleh membesuk Abu Bakar Ba'asyir.

Pertimbangan Kondisi Kesehatan, Abu Bakar Baasyir Bakal Kurangi Intensitas Dakwah

"Saya tidak mengetahui kabar terakhir Ustaz Abu Bakar Ba'asyir, karena kami dilarang menemuinya di penjara, yang boleh hanya keluarganya saja," ujar dia.

Kerabat dan rekan baru mengetahui kabar atau kondisi Abu Bakar Ba'asyir di dalam penjara setelah anggota keluarga membesuk.

"Saya tidak mengetahui keadaan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir di penjara seperti apa, paling saya diberitahui Ustaz Iim jika beliau habis menjenguknya," katanya.

Ustaz Abdul Rohim Ba’asyir atau yang akrab disapa Ustaz Iim sendiri merupakan putra Abu Bakar Ba'asyir. 

Meski kabar Abu Bakar Ba'asyir akan bebas bersyarat sudah diketahui sejak Jumat (18/1/2019) namun sampai Sabtu (19/1/2019) ini tak banyak berpengaruh di Ponpes Al Mukmin Ngruki.

Pembebasan Ustaz Abu Bakar Baasyir, Ketum PBNU : Bukti Jokowi Tak Lakukan Kriminalisasi Ulama

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved