Breaking News:

Pemilu 2019

Tjahjo Kumolo: Jangan Golput, Gunakan Hak Pilih

Mendagri Tjahjo Kumolo berharap intelektual muda juga turut mensosialiasaikan pentingnya partisipasi masyarakat pada Pemilu dan Pilpres 2019.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berbicara kepada wartawan pada konferensi pers laporan akhir tahun, di kantor Kemendagri Jakarta, Rabu (26/12/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap intelektual muda juga turut mensosialiasaikan pentingnya partisipasi masyarakat pada Pemilu dan Pilpres 2019.

Hal itu ia sampaikan dalam kuliah umum yang kali ini bertepat di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Kamis (4/4/2019) dengan tema ‘Memantapkan proses demokrasi dalam rangka keberhasilan pembangunan di Indonesia’.

“Kita percayakan KPU dan Panwas sebagai pelaksana dan penyelenggara. Kepolisian dan TNI menjaga ketertiban. Pemerintah mem-back up awal sampai ke daerah agar aman dan sukses. Tapi kuncinya ada pada partisipasi, nah ini kan tadi kumpulan intelektual muda dari berbagai kejuruan PTIK yang kami harapkan ikut membantu sosialisasi ke lingkungan sekecil apapun, teman dan keluarga,” kata Tjahjo Kumolo setelah memberikan kuliah umum.

Tsamara Amany Sebut Golput Bukan Pengecut dan Akan Hargai Apapun Keputusan Mereka, Sindir Megawati?

Mendagri juga mengatakan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilpres nanti kedepannya bakal memperkuat sistem presidensial.

Arahan kepada intelektual muda itu diakuianya telah ia sampaikan di 19 perguruan tinggi di Indonesia termasuk Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian ini.

“Ya, kemarin saya sudah memberikan kuliah umum di beberapa perguruan tinggi. Ada 19 perguruuan tinggi yang sudah saya sampaikan bahwa membangun sebuah sistem demokrasi tahapannnya melalui konsolidasi demokrasi ini,”

“Ini penyerasian semua undang-undang untuk mewujudkan sistem pemilu yang serentak kan tujuannya untuk efektivitas dan efisiensi, memperkuat sistem presidensil,” ujarnya.

Dahnil Anzar Simanjuntak Pahami Keputusan Para Golput: Yakinkan Mereka untuk Memilih, Bukan Memaki

Terakhir, ia juga mengingatkan kepada juru kampanye mana pun agar berkampanye dengan benar - tidak menimbulkan ujar kebencian.

Karena hal itu merupakan salah satu timbulnya masyarakat untuk melakukan golput.

“Jadi masalah tingkat partisipasi, mari menggerakkan dan mengorganisir masyarakat, jangan golput, gunakan hak pilih. Makanya tadi saya ingatkan jurkam-jurkam agar kampanye yang sopan, beretika, dan jangan berujar kebencian,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tjahjo Kumolo Harapkan Intelektual Muda Ikut Ajak Masyarakat Tidak Golput
Penulis: Abdul Majid

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved