Ramadan 2019

Jumat (31/5) 15.322 Mobil Lewat di Exit Tol Ngasem Solo, Puncak Mudik Diprediksi Sabtu Malam

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi Sabtu (1/6/2019) malam ini, sehingga akan ada peningkatan cukup signifikan jumlah kendaraan via tol.

Jumat (31/5) 15.322 Mobil Lewat di Exit Tol Ngasem Solo, Puncak Mudik Diprediksi Sabtu Malam
TribunSolo.com/Asep Abdullah Rowi
Kendaraan pemudik yang terpantau via Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi 2019 Polda Jateng yang berada di exit tol Ngasem, Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (1/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Puncak arus mudik diperkirakan terjadi Sabtu (1/6/2019) malam ini, sehingga akan ada peningkatan cukup signifikan jumlah kendaraan via tol.

Bahkan hasil rekap Polres Karanganyar bersama Jasa Marga dan Dinas Perhubungan (Dishub), ada sebanyak 15.322 kendaraan pemudik masuk dan keluar exit tol Ngasem (Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi) yang berada di Jalan Raya Solo-Semarang, Desa Ngasem, Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

"Rekap Jumat (31/5/2019) pukul 24.00 atau sehari, kendaraan pemudik masuk 6.004 dan keluar 9.318," papar Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi kepada TribunSolo.com di exit tol Ngasem, Sabtu (1/6/2019).

Isi Pidato Asli Soekarno yang Menjadi Cikal Bakal Lahirnya Pancasila

Adapun jumlah kendaraan yang masuk dan keluar sebanyak 15.322 yang terpantau di exit tol Ngasem menurut Catur, diperkirakan akan mengalami peningkatan cukup signifikan.

"Terutama nanti malam, kan perkiraan puncak arus mudik mengingat banyak pemudik dari keluarga Pegawai Negeri Sipil (PNS)," ungkapnya.

"PNS kan baru berangkat dari kawasan Jakarta siang, setelah upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni pada pagi ini," tuturnya membeberkan.

Untuk itu lanjut dia, ada sebanyak 80 personel gabungan TNI-Polri, Dishub, Jasa Marga hingga elemen lain di Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi 2019 Polda Jateng yang berada di exit tol Ngasem, mengantisipasi lonjakan kendaraan.

"Kita sudah menyiapkan berbagai hal, mulai rekayasa lalu lintas (di jalan arteri), patroli di tol, hingga pemanfaatan lampu kedip," kata dia.

Imbauan PLN Solo Agar Terhindar dari Konsleting Listrik dan Kebakaran saat Rumah Ditinggal Mudik

Dia menambahkan pada lima hari menjelang Lebaran (H-5) jika dibandingkan H-4 pagi ini, peningkatan diperkirakan baru kisaran 5-10 persen saja jika terlihat di exit tol Ngasem.

"Peningkatan signifikan baru nanti malam, makanya kami bersiap-siap," jelasnya.

Seorang pemudik dari Jakarta yang kebetulan tengah istirahat di kawasan exit tol Ngasem, Hendriawan (45) mengaku dari arah Jakarta melewati ruas Semarang-Solo tanpa hambatan.

"Sebenarnya mudik ke Klaten bareng-bareng teman, tapi ada yang belum libur karena mengukuti kegiatan kantor dulu," kata dia. (*)

Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved