Breaking News:

Rumah Sakit UNS Resmikan Layanan Vaksinasi Meningitis Meningococcal

Hal ini ditandai dengan terbitnya SK Vaksinasi Internasional No. SR.03.04/1/1306/2019 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 2 Semarang,

Penulis: Agil Tri | Editor: Garudea Prabawati
TribunSolo.com/Agil Tri
peninjauan ruangan vaksinasi di RS UNS Jumat (2/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Rumah Sakit (RS) UNS di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah meresmikan layanan Vaksinasi Meningitis Meningococcal yang layanannya dimulai pada Jumat (2/8/2019).

Hal ini ditandai dengan terbitnya SK Vaksinasi Internasional No. SR.03.04/1/1306/2019 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 2 Semarang, yang berlaku selama satu tahun mulai 26 Juli 2019.

Direktur RS UNS, Prof dr Zainal Abidin Adnan mengatakan dengan terbitnya Persetujuan tersebut, maka RS UNS bukan hanya mendapatkan hak untuk melayani Vaksinasi Meningitis.

Namun juga berhak menerbitkan International Certificate of Vaccination yang berlaku selama dua tahun, yang merupakan syarat bagi penerbitan Visa ke beberapa negara, seperti Arab Saudi.

"Sekaligus menjadi Rumah Sakit milik Pemerintah pertama di wilayah Solo Raya yang menyediakan layanan vaksinasi ini," katanya.

Dia berharap, masyarakat yang hendak bepergian ke luar negeri, khususnya untuk berhaji atau umrah, dapat lebih mudah mendapatkan Vaksinasi tersebut.

Adapun biaya vaksinasi sebagai berikut, biaya tanpa tes kehamilan sebesar Rp 305 ribu, sedangkan vaksinasi dengan tes kehamilan sebesar Rp 330 ribu.

Pemkot Solo Bakal Bahas Biaya Sewa Stadion Manahan Usai Penyerahan

Kepala KKP semarang, Badar Kirwono Menambahkan, Untuk calon penerima vaksin yang merasa sedang hamil, atau merasakan tanda-tanda kehamilan, disarankan untuk mengambil vaksinasi dengan tes kehamilan.

"Karena Vaksin Meningitis Meningococcal dapat menyebabkan cacat atau bahkan kematian pada janin," jelasnya.

Selain itu, vaksinasi Meningitis sebaiknya dilakukan selambatnya dua minggu sebelum keberangkatan ke luar negeri, karena efek dari vaksin tersebut baru akan terbentuk setelah 10-14 hari vaksinasi dilakukan.

Dia menambahkan, vaksinasi Meningitis ini merupakan syarat utama untuk bepergian ke luar negeri.

Sementara itu Plt Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, dr. Yunia mengatakan, di Sukoharjo terdapat duabrumah sakit yang melayani RS UNS Resmikan Layanan Vaksinasi Meningitis.

"Di Sukoharjo ada dua rumah sakit yang melayani RS UNS Resmikan Layanan Vaksinasi Meningitis, yaitu di RS PKU Sukoharjo dan RS UNS," pungkasnya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved