Rekam Jejak Keuangan 40 Capim KPK Bakal Ditelusuri PPATK

PPATK, tuturnya, berharap bahwa kandidat yang tersisa hingga saat ini adalah kandidat terbaik, bersih dari rekam jejak yang kotor.

Rekam Jejak Keuangan 40 Capim KPK Bakal Ditelusuri PPATK
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Panitia seleksi calon pimpinan KPK umumkan peserta yang lolos tes psikologi di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Senin (5/8/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) siap membantu panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menelusuri rekam jejak 40 capim.

Direktur Kerja Sama dan Humas PPATK Muhammad Salman mengaku pihaknya baru saja menerima permintaan dari pansel untuk menelusuri rekam jejak keuangan para kandidat 40 capim KPK.

"PPATK pada prinsipnya siap sedia untuk memenuhi permintaan pansel guna memastikan capim KPK ke depan bersih dari rekam jejak transaksi keuangan mencurigakan, apalagi bila terindikasi pencucian uang atau pendanaan terorisme," kata Salman kepada Kompas.com, Selasa (6/8/2019).

Permintaan pansel, lanjut Salman, tentu akan disesuaikan dengan tugas dan fungsi PPATK, yaitu menganalisis transaksi keuangan mencurigakan yang terindikasi tindak pidana.

Ramai Kabar Kedekatan Wirda Mansur dengan Gus Azmi, Ustaz Yusuf Mansur Beri Nasehat untuk Putrinya

PPATK, tuturnya, berharap bahwa kandidat yang tersisa hingga saat ini adalah kandidat terbaik, bersih dari rekam jejak yang kotor.

"Bersih juga dari sisi etik, kasus hukum, transaksi keuanganya, serta integritasnya," ungkap Salman.

Sebelumnya, Pansel capim KPK bakal mengirimkan 40 nama peserta seleksi capim KPK yang lolos tes psikologi ke delapan lembaga.

Delapan lembaga itu yakni KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggupangan Terorisme (BNPT).

Sebanyak 40 Capim KPK Lolos Tes Psikologi, Didominasi Dosen dan Polri

Kemudian, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Ditjen Pajak.

Semua lembaga itu akan bekerja sama dengan Pansel untuk melacak rekam jejak peserta seleksi capim.

Halaman
123
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved