Jelang Pensiun dari KPK, Ini Rencana Agus Rahardjo dan Laode M Syarif

Masa kepemimpinan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 akan segera berakhir.

Jelang Pensiun dari KPK, Ini Rencana Agus Rahardjo dan Laode M Syarif
KOMPAS.COM/NABILLA TASHANDRA
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Masa kepemimpinan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 akan segera berakhir.

Ketua KPK Agus Rahardjo masih belum memikirkan apa yang akan dia lakukan seusai tak lagi menjabat sebagai pimpinan.

"Saya dari awal tidak pernah merencanakan mau ke mana. Jadi selalu berjalan itu mengikuti arus saja," kata Agus ketika ditemui di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (26/10/2019), dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com.

Namun, Agus tak menolak bila nantinya kembali diberi kepercayaan untuk kembali mengabdi pada sebuah instansi atau lembaga lain selain KPK.

"Ya nanti kalau ada pengabdian di tempat lain yang kemudian beri manfaat lebih banyak (kepada) rakyat Indonesia pasti saya lakukan," katanya.

KPK Apresiasi Pernyataan Jokowi yang Sebut Kasus Novel Baswedan Ada Perkembangan

Berbeda dengan Agus, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengaku akan kembali mengajar sebagai dosen di Universitas Hasanuddin Makassar.

Sebelum diberi amanah memimpin KPK pada 2015, Syarif tercatat sebagai staf pengajar di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

"Ya seperti dulu lagi mengajar. Mengajar di Fakultas Hukum membuat program-program di Unhas (Universitas Hasanuddin)," ujar Syarif.

Selain mengajar, Syarif juga akan kembali menginisiasi pembuatan program antikorupsi untuk sejumlah lembaga, misalnya kepolisian dan kejaksaan.

"Di samping saya ngajar, saya dari dulu suka bikin program antikorupsi bantuin polisi dan kejaksaan dan KPK dari dulu. Tanpa kalian tahu itu yang saya kerjain," kata dia.

Masa jabatan lima pimpinan KPK periode 2015-2019, yaitu Agus Rahardjo, Laode M Syarif, Saut Situmorang, Basaria Pandjaitan, dan Alexander Marwata akan segera berakhir pada Desember 2019.

Kepemimpinan KPK akan digantikan oleh Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, Lili Pintauli Siregar, dan Alexander Marwata. (Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Rencana Agus Rahardjo dan Laode Syarif Setelah Pensiun dari Pimpinan KPK"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved