Trending di Twitter : IndoXXI Pamit, Netizen Tangisi Kepergian Situs Nonton Film Gratis

Trending di Twitter : IndoXXI Pamit, Netizen Ratapi Kepergian Situs Nonton Film Gratis

Trending di Twitter : IndoXXI Pamit, Netizen Tangisi Kepergian Situs Nonton Film Gratis
Screenshot IndoXXI
Kalimat pamit dari situs IndoXXI. Situs ini dilarang tayang lagi oleh pemerintah sejak 1 Januari 2020. 

TRIBUNSOLO.COM - Situs nonton film via streaming, IndoXXI, menulis kalimat pamit di situs mereka, kepada semua pengaksesnya.

"Sangat berat tapi harus dilakukan, terimakasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020, kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depanya akan menjadi lebih baik. Salam, INDOXXI," demikian kalimat yang ditulis oleh IndoXXI.

Situs Porno dan Radikal Sulit Diblokir, Kendalanya Malah di Kominfo Sendiri? Berikut Penjelasanya

Baru Dilantik, Menkominfo Johnny Plate Sudah Diminta Tutup Facebook

IndoXXI pun jadi trending teratas di Twitter Indonesia.

Sejak Selasa (24/12/2019) pukul 12.36 Wib, sudah 12,8 kicauan mencantumkan tagar IndoXXI.

Netizen dan pengakses situs nonton film ilegal ini pun meratapi kepergian IndoXXI.

Sebagaimana diketahui, situs streaming film ilegal Indoxxi mengumumkan penutupan layanan mulai 1 Januari 2020 mendatang. Pop-up pengumuman ini muncul langsung di halaman utama situs tersebut.

Sebelumnya, kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan akan memblokir situs yang menyediakan layanan hiburan ilegal, termasuk film dan musik.

Kominfo pun menggandeng Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum, dan Asosiasi industri kreatif untuk mengatasi peredaran karya secara ilegal.

Untuk saat ini, Kominfo baru akan menerapkan pemblokiran untuk situs streaming film ilegal. Pemerintah juga mencari cara untuk memberian efek jera bagi situs-situs "nakal" lainnya di masa mendatang.

"Di era digital, kekayaan (hak cipta) yang harus dilindungi. Kalau enggak nanti orang malas berkreasi," kata Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, dilansir KompasTekno dari Antaranews.com.

Dalam pengumumannya, Indoxxi juga beralasan hal senada, bahwa keputusannya adalah "demi mendukung dan memajukan industri kreatif Tanah Air".

Tangkapan layar pengumuman situs Indoxxi yang akan tutup tahun 2020.
Tangkapan layar pengumuman situs Indoxxi yang akan tutup tahun 2020.(Kompas.com)

Kominfo mengakui bahwa pemberangusan situs streaming film ilegal cukup merepotkan. Sebab, pengelola situs tersebut "kucing-kucingan" alias berganti alamat agar tidak ketahuan pemerintah.

Menurut survey yang dilakukan YouGov untuk Coalition Against Privacy (CAP) dari Asia Video Industry Association, 63 persen konsumen online Indonesia memang gemar mengakses situs streaming atau torrent ilegal untuk menikmati konten premium tanpa membayar biaya langganan.

Penutupan situs IndoXXI pun direspons beragam oleh warganet di Twitter. Bahkan, tagar #indoxxi memuncaki trending Twitter Indonesia sejak Selasa (24/12/2019) pagi.

Tapi, saat berita ini ditulis, situs indoxx1.com masih bisa diakses. (*)

Editor: Aji Bramastra
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved