Viral KUA Teras Boyolali Tutup

Kepala KUA Teras Boyolali Dijatuhi Sanksi, karena Biarkan Petugas Tinggalkan Kantor saat Jam Kerja

Kepala Kantor Urusan (KUA) Kecamatan Teras, Boyolali Abidurrahman terancam terjerat sanksi disiplin akibat kejadian kantor tutup pada jam kerja.

Kepala KUA Teras Boyolali Dijatuhi Sanksi, karena Biarkan Petugas Tinggalkan Kantor saat Jam Kerja
TribunSolo.com/Ryantono Puji
Tampak depan Kantor KUA Kecamatan Teras, Boyolali yang sempat viral karena bikin pengantin deg-degan nyaris batal nikah, Rabu (29/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Ryantono Puji Santoso

TRIBUNSOLO.COM, BOYOLALI - Kepala Kantor Urusan (KUA) Kecamatan Teras, Boyolali Abidurrahman terancam dijatuhi sanksi disiplin akibat kejadian kantor tutup pada jam kerja.

Akibat kantor KUA kosong ijab kabul dalam rangkaian akad nikah pasangan Tori Adi Rizaldi asal Pasar Kliwon, Solo dengan Kurnia Hidayah warga Dukuh Jebolan, Desa Randusari, Kecamatan Teras nyaris gagal, pada Senin (27/1/2020) lalu.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Muh Arifin menegaskan, pihaknya sudah melakukan tindak lanjut terkait keluhan masyarakat yakni dengan membuat berita acara pemeriksaan.

Dikatakan, tindakan meninggalkan kantor saat jam kerja tidak dibenarkan apapun alasannya.

Pasalnya sesuai Peratutan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia ada sanksi yang bisa dinilai berupa ketegori ringan, sedang hingga berat.

"Saat ini kami belum bisa mengatakan apa sanksinya karena sedang dikaji pelanggaran yang dilakukan," papar Muh Arifin saat mendatangi kantor KUA Kecamatan Teras, Boyolali pada TribunSolo.com, Rabu (29/1/2020).

Bahkan Arifin mengaku langsung melakukan klarifikasi atas kejadian yang sempat viral sehingga ijab qabul tertunda hingga satu jam.

Buntut KUA Tutup yang Bikin Akad Nikah Nyaris Gagal,Kanwil Kemenag Jateng Datangi KUA Teras Boyolali

Viral, Akad Nikah Pasangan di Teras Boyolali Mundur 1 Jam Gara-gara KUA Tutup, Rombongan Bingung

Hanya saja soal sanksi, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jateng, hanya akan memberikan kepada Kepala KUA saja yang seharusnya bertanggung jawab di dalam kantornya.

Walaupun semua pegawai yang ada di Kantor KUA saat itu meninggalkan kantor saat bersamaan.

Akad Nikah Pasangan di Boyolali Mundur 1 Jam, Petugas KUA Teras Minta Maaf Beralasan Melayat

"Kepala KUA yang bertanggung jawab atas kejadian itu," kata Muh Arifin menegaskan.

Dia menambahkan, kejadian yang sempat viral karena video cekcok antara keluarga dengan petugas KUA Kecamatan Teras menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

"Kita jadikan pelajaran saja, ke depan untuk berbenah," kata Arifin. (*)

Penulis: Ryantono Puji Santoso
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved