Berita Karanganyar Terbaru

12 Bangunan Diduga Cagar Budaya di Karanganyar Diusulkan Jadi Benda Cagar Budaya Kabupaten

12 benda atau bangunan diduga cagar budaya di Kabupaten Karanganyar mendapat rekomendasi penetapan sebagai benda cagar budaya tingkat kabupaten.

12 Bangunan Diduga Cagar Budaya di Karanganyar Diusulkan Jadi Benda Cagar Budaya Kabupaten
TRIBUNJATENG.COM/AGUS ISWADI
Tugu Ngipik Gayamdompo Kecamatan/Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 12 benda atau bangunan diduga cagar budaya di Kabupaten Karanganyar mendapat rekomendasi penetapan sebagai benda cagar budaya tingkat kabupaten.

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjateng.com dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, sebelumnya sejumlah 21 benda yang diduga cagar budaya telah diajukan untuk diverifikasi dan mendapatkan rekomendasi penetapan dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Sragen pada 2019.

Kasi Cagar Budaya Bidang Kebudayaan Disdikbud Karanganyar, Sawaldi mengatakan, dari 21 benda diduga cagar budaya yang diajukan, menurut hasil kajian dari TACB Sragen yang memenuhi syarat sebagai benda cagar budaya dan mendapat rekomendasi ada 12.

Warga Jaten Karanganyar Keluhkan Timbunan Sampah di Belakang Perumahan, Kumuh dan Ganggu Aktivitas

"Ada 12 yang mendapat rekomendasi penetapan sebagai benda cagar budaya dari TACB Sragen. Di antaranya Jabal Kanil (Bandardawung Tawangmangu), Tugu Ngipik Gayamdompo, Tugu Papahan, Masjid Tiban Kaliboto, Pendopo Kawedanan Karangpandan, Sapta Tirta dan lain-lain," katanya seperti dikutip TribunSolo.com dari Tribunjateng.com, Sabtu (8/2/2020).

Selanjutnya, rekomendasi tersebut akan diajukan kepada Bupati Karanganyar untuk mendapatkan SK Bupati sebagai benda cagar budaya tingkat kabupaten.

Dikira Tertidur, Warga Karanganyar Ini Meninggal Saat Tunaikan Ibadah Salat Jumat

Dijelaskannya, beberapa benda diduga cagar budaya yang tidak mendapatkan rekomendasi lantaran beberapa sudah ada yang perubahan dari segi bangunan, tidak memenuhi syarat usia dan kurang dari segi historisnya.

"Kita akan jaga 12 benda cagar budaya itu supaya tetap lestari. Nanti pemanfaatannya bisa sebagai tempat wisata sejarah atau religi," terangnya.

Sawaldi mengungkapkan, data di Disdikbud ada sejumlah 180-an benda diduga cagar budaya dan itu akan diajukan secara bertahap sembari menyesuaikan anggaran yang ada.

Modus Cari Teman di Facebook, Perempuan Asal Karanganyar Bawa Kabur HP Kenalannya saat Bertemu

"Tahun ini akan diajukan lagi. Di lereng Gunung Lawu masih banyak benda yang termasuk kategori cagar budaya."

"Relawan banyak yang laporan ke kami, tinggal nanti kita tindak lanjuti," pungkasnya.  (Tribunjateng.com/Agus Iswadi)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul "12 Benda dan Bangunan di Karanganyar Diajukan ke Bupati untuk Dapat Status Cagar Budaya"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved