Solo KLB Corona

Kerap Ditelepon Lurah, Ibu di Solo yang Suspect Corona Selalu Jawab 'Tenang Pak, Kondisi Saya Sehat'

Seorang ibu berusia 49 tahun yang dijemput petugas medis untuk dibawa ke RSUD Dr Moewardi Solo pada Rabu (18/3/2020) malam kerap ditelepon oleh lurah.

Kerap Ditelepon Lurah, Ibu di Solo yang Suspect Corona Selalu Jawab 'Tenang Pak, Kondisi Saya Sehat'
AFP/STR
ILUSTRASI - Seorang paramedis laboratorium menguji sampel virus di Laboratorium Hengyang, Provinsi Henan pusat Kota Cina. Rabu (19/02/2020). Data terakhir tercatat korban tewas akibat epidemi virus coronavirus COVID-19 melonjak menjadi 2.112 dan pada Kamis (20/02/2020) ada 108 orang lagi meninggal di Provinsi Hubei, Kota pusat penyebaran yang paling parah dari wabah Corona tersebut. (STR/AFP)/China OUT 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya Samodra

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Seorang ibu berusia 49 tahun yang dijemput petugas medis untuk dibawa ke RSUD Dr Moewardi Solo pada Rabu (18/3/2020) malam kerap ditelepon oleh lurah setempat.

Lurah setempat di Kota Solo, Winarto mengaku dirinya ikut memantau aktivitas pasien suspect virus bernama ilmiah SARS-CoV-2 itu melalui sambungan telepon.

"Contohnya saya selalu menelpon pasien bertanya ibu ada di rumah? Ada di rumah, kondisinya sehat? 'tenang pak Lurah kondisi saya sehat'," cerita Winarto seusai menghadap Sekda Ahyani di Pemkot Solo, Kamis (19/3/2020).

 7 Fakta Ibu Suspect Corona di Solo Dijemput Petugas Medis: Harusnya Karantina Justru Rewang Tetangga

Ia juga membentuk satuan tugas (satgas) mandiri untuk memantau aktivitas seorang pasien suspect Virus Corona di wilayahnya. 

Pembentukan itu dilakukan sebelum pasien dijemput tim kesehatan berpakaian alat pelindung diri dan dibawa ke RSUD Dr Moewardi Solo. 

"Satgasnya itu berasal dari tetangga sekitar rumah pasien, mereka ikut mengawasi aktivitasnya," tutur dia.

Namun, pemantauan tersebut nampaknya kurang efektif pasalnya apa yang diutarakan pasien tidak sesuai dengan kenyataannya.

Dinyatakan Positif Corona, Wali Kota Bogor Bima Arya akan Diisolasi Selama 14 Hari

"Kemarin pernah disidak Dinas Kesehatan Provinsi  Jawa Tengah, diperiksa ke rumahnya ternyata rewang di acara kumbokarnan," terang Winarto. 

Halaman
1234
Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved