Breaking News:

Info Kecantikan

Kulit Wajah Malah Berjerwat Padahal Selalu di Rumah, Begini Penjelasan Dokter Spesialis Kulit

Dalam waktu tersebut banyak perempuan yang mengeluh kulit wajahnya mulai bermasalah seperti kulit kering, rusak, dan berjerawat.

Boldsky
Ilustrasi Wajah Berjerawat 

TRIBUNSOLO.COM - Hampir 2 bulan sebagian masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah seiring dengan adanya kebijakan pembatasan sosial terkait penyebaran Covid-19.

Dalam waktu tersebut banyak perempuan yang mengeluh kulit wajahnya mulai bermasalah seperti kulit kering, rusak, dan berjerawat.

Tentunya breakout di kulit muka ini bikin bete, karena banyak yang ingin tampil lebih glowing saat nanti sudah boleh keluar rumah.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Arini Astasari Widodo menjelaskan masalah pada kulit muka bisa disebabkan karena berubahnya aktivitas saat pandemi corona.

Contohnya karena di rumah jadi malas membersihkan muka sehingga muka terus-terusan berminyak yang membuat timbulnya jerawat.

"Apabila tidak membersihkan wajah, minyak dan kulit mati dapat menumpuk sehingga pori tersumbat dan memicu jerawat," kata dr Arini kepada Tribunnews.com, Kamis (7/5/2020).

Dapat Panggilan Kedua dari Polisi, Said Didu: Saya Menyatakan Saya Patuh

Fakta Penangkapan YouTuber Ferdian Paleka: Diamankan di Jalan Tol, Ayah Ikut Ditangkap

Chord Kunci Gitar dan Lirik Lagu Malaikat Pencabut Rindu - Hijau Daun, Lelah Hati Bila Terus Berlari

Tapi jangan juga karena saking ingin menjaga kebersihan cuci mukanya malah terlalu sering yang membuat kulit malah jadi kering.

Cuci muka terlalu sering dengan menggunakan sabun juga bisa menimbulkan iritasi yang memancing timbulnya jerawat di muka.

"Pada dasarnya membersihkan wajah 2 kali sehari dengan pembersih yang lembut, dan setelah aktivitas atau berkeringat," ungkap dr Arini.

Hati-hati, stres turut menyebabkan kulit muka jadi gak bersinar loh.

Stres dapat memancing hormon kortisol yang membuat produksi minyak di muka jadi lebih banyak.

Minyak di wajah menyebabkan jerawat jerwat jadi mudah muncul.

"Di era PSBB ini banyak yang mengalami stress. Stres meningkatkan hormone kortisol yang memicu kelenjar minyak, sehingga dapat menimbulkan jerawat," kata dr Arini.

(Apfia Tioconny Billy)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kulit Wajah Berjerawat Padahal Selalu Berada di Rumah, Ini Kata Dokter Spesialis Kulit

Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved