Info Kecantikan

Manfaat Tak Menggunakan Make Up Selama #DirumahAja, Salah Satunya Dapat Membuat Kulit Wajah Bersih

Riasa wajah mungkin menjadi aspek penting untuk penampilan keseluruhan. Namun, selama menjalani work from home (WFH) dan #DiRumahAja di masa pandemi C

net
Ilustrasi wajah sehat 

TRIBUNSOLO.COM - Riasa wajah mungkin menjadi aspek penting untuk penampilan keseluruhan. Namun, selama menjalani work from home (WFH) dan #DiRumahAja di masa pandemi Covid-19, kebanyakan orang tak lagi mengenakan riasan wajah.

Kebiasaan baru ini ternyata membawa banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah, lho.

"Kulit tentunya akan lebih sehat apabila tidak menggunakan make up."

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Abdi Waluyo sekaligus Medical Consultant Dermalogia Clinic, Arini Astasari Widodo dalam sesi Kulwap media, Jumat (8/5/2020).

Arini menambahkan, kandungan bahan sebuah produk riasan wajah tercantum pada daftar yang biasa tertera di balik kemasan. Termasuk di antaranya bahan pengawet, pewarna, stabilizer, pewangi, glitter, pengental, pelembap, dan lainnya.

Komponen-komponen tersebut berpotensi memicu reaksi iritasi dan alergi pada kulit. Risiko semakin besar jika kita sering mengenakan riasan wajah.

"Tidak menggunakan make up meminimalisasi risiko terjadi iritasi dan alergi pada kulit akibat make up dan regenerasi kulit dapat berjalan dengan lebih baik," papar Arini.

Sobat Ambyar Inginkan Monumen untuk Kenang Didi Kempot, Wali Kota Solo Sebut sebagai Penghargaan

Kisah Romeo dan Juliet di Sragen, Istri Ngotot Temani Suami yang Positif Corona di Ruang Isolasi

Tidak mengenakan riasan wajah juga dapat menurunkan risiko munculnya komedo dan jerawat yang dipicu kosmetik.

Selain itu, kulit cenderung akan lebih bersih karena pemakaian riasan wajah juga meningkatkan risiko menempelnya kotoran dan kuman pada kulit.

Namun, bagi kamu yang masih memiliki keperluan menggunakan riasan wajah, tak perlu khawatir. Demi kulit yang bersih dan sehat jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah serta mengurangi frekuensi “re-apply” atau “re-touch” riasan wajah.

Kecewa Pernikahannya Ditunda Karena Lockdown, Pasangan di India Nekat Bunuh Diri

Mengenal Para Wanita di Lingkaran Kekuasaan Kim Jong Un: Kim Yo Jong hingga Hyon Song Wol

Kebiasaan “re-apply” atau “re-touch” riasan wajah berpotensi membuat kotoran dan kuman pada wajah menempel pada peralatan kosmetik kita. Sehingga pada akhirnya, perlengkapan kita bisa menjadi sarang kuman.

"Make up juga membuat polutan dan kuman menempel pada wajah," tambahnya.

Nah, jadi manfaatkan lah momen seperti saat ini untuk mengistirahatkan kulit wajah dari paparan riasan wajah. Untuk lebih menghidrasi dan menyehatkan kulit, jangan lupa untuk juga rutin merawat wajah ya.

(Nabilla Tashandra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Menggunakan Riasan Selama #DiRumahAja Ternyata Banyak Manfaatnya"

Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved