Virus Corona

Buntut Dua Pedagang Pasar Perumnas Klender Positif Corona, Puluhan Lain Lakukan Rapid Test dan PCR

"Hubungannya kalau dengan pasar kalau pedagangnya aja positif, kita takut nanti pembelinya. Di sini juga ada kurang kepatuhan menggunakan masker"

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
ILUSTRASI : Petugas medis Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan swab test Covid-19 di Pasar Bogor, Selasa (12/5/2020). Seorang pedagang dinyatakan positif Corona setelah mengikuti rapid test Covid-19 massal yang digelar Badan intelijen Negara (BIN) di Pasar Bogor kemarin. 

TRIBUNSOLO.COM - Adanya dua orang pedagang di  Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur yang dinyatakan positif corona berbuntut panjang. 

Sebab, pedagang lainnya juga harus menjalani rapid test dan polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 pada Jumat (22/5/2020).

Rapid test dan polymerase chain reaction (PCR) dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Duren Sawit.

Apple dan Google Kerjasama Kembangkan Teknologi Pelacak Virus Corona, Begini Cara Kerjanya

Dua Bulan Nganggur, Buruh Bangunan Kartasura Hidupi 5 Orang Anak dan Istri Bergantung Dari Bantuan

Nurmaulia, salah satu dokter di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit mengatakan bahwa puluhan pedagang yang diperiksa tersebut ialah hasil tracing kontak dengan dua pedagang yang positif Covid-19 tersebut.

"Hari ini ada pemeriksaan untuk PCR test dan juga rapid test di Pasar Perumnas Klender. Terdapat kurang lebih sebanyak 30 orang diperiksa terkait itu dari hasil tracing kami dari Puskesmas Duren Sawit. Dilakukan pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah ada kemungkinan pedagang-pedagang yang lain itu dia bisa juga positif," kata Nurmaulia saat dikonfirmasi, Jumat.

Adapun hasil rapid test dapat diketahui dalam waktu satu jam. Sedangkan hasil PCR memakan waktu dua hingga tiga hari.

Nurmaulia menambahkan bahwa sejumlah pedagang di Pasar Perumnas Klender juga masih tidak patuh dengan aturan protoko kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Hubungannya kalau dengan pasar kalau pedagangnya aja positif, kita takut nanti pembelinya. Di sini juga ada kurang kepatuhan menggunakan masker dan juga sarung tangan," ujar Nurmaulia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Pedagang Positif Covid-19, Puluhan Lainnya Jalani Rapid Test di Pasar Perumnas Klender",

Editor: Ryantono Puji Santoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved