Kini Semakin Rawan Kejahatan Siber, Berikut 4 Tips Mengamankan Data Pribadi di Platform Online

Hal ini, ternyata diiringi juga dengan bertumbuhnya kejahatan-kejahatan siber yang banyak dilakukan dan sering kali memakan korban.

Ist
Hacker 

TRIBUNSOLO.COM - Zaman digitalisasi seperti sekarang, kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dengan platform online.

Semua ini sudah menjadi kebutuhan kita seiring dengan berkembangnya teknologi dan industri 4.0.

Cegah Krisis Keuangan di Korut, Kim Jing Un Diduga Kerahkan Hacker untuk Mencuri Kriptokurensi

Hal ini, ternyata diiringi juga dengan bertumbuhnya kejahatan-kejahatan siber yang banyak dilakukan dan sering kali memakan korban.

Terutama korban yang tidak begitu mengerti teknologi, akan sangat rentan terkena phishing dari orang-orang jahat yang mendapatkan data pribadi kita.

Menurut Hendra Lesmana, CEO dari NTT Indonesia, hasil laporan yang didapat PT NTT Indonesia menunjukkan bahwa dalam periode physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar, jumlah kejahatan siber naik hingga 30.000 persen.

Oleh karena itu, Gridnetwork bekerja sama dengan Lazada, telah membuat diskusi bertajuk “Apa yang Harus Dilakukan Konsumen agar Data Pribadi Online Aman?” dalam rangka sadar akan pentingnya keamanan data pribadi di era digital seperti sekarang.

Diskusi ini menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya seperti Alfonus Tanujaya yang merupakan pakar digital security, Hendra Lesmana, CEO dari NTT LTD, dan Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada Indonesia.

Selain itu, diskusi ini dimoderatori oleh Kama Adritya, Pimpinan Unit Nextren.

Berikut ini tips-tips yang bisa digunakan untuk mengamankan data pribadi kita, agar bisa aman dalam menjalani hari khususnya di era sekarang yang semua serba dilakukan online karena #DiRumahAja.

  1. Memastikan tidak ada malware di perangkat kita

Selalu berhati-hati dan mengecek apakah ada malware di perangkat keras yang kita pakai.

Apalagi membuka email dengan perangkat baru yang kita tidak ketahui historis penggunaannya.

Biar lebih aman lagi, hindari sign-in e-mail atau apapun itu di perangkat yang bukan milik kita demi menghindari kemungkinan hacker yang sudah memasangkan malware di perangkat tersebut.

Cegah Pencurian Data, Simak 5 Cara Amankan Akun Facebook dari Hacker, Cek Aplikasi yang Terhubung

  1. Pastikan memilih aplikasi yang tepercaya

Sebelum kita mengisi data diri pada suatu platform, lebih baik riset terlebih dahulu apakah platform tersebut aman atau tidak, dan bisa dipercaya atau tidak.

Hindari mendownload aplikasi selain dari Playstore (Android) atau Appstore (Apple).

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved