Info Kecantikan

Mungkinkah Perlengkapan Kosmetik Bisa Jadi Sarang Covid-19? Simak Penjelasannya

Dokter kulit Adam Memelak menjelaskan, belum ada studi yang dipublikasikan tentang berapa lama virus bisa hidup di produk kosmetik, terutama di tengah

Net
Kosmetik 

TRIBUNSOLO.COM -  Aspek keamanan dari infeksi Covid-19 terus menjadi perhatian masyarakat dari hari ke hari.

Termasuk memperhatikan benda-benda yang mungkin menjadi tempat berkembang biaknya virus.

Produk kosmetik yang banyak bersentuhan langsung dengan area mata, hidung, dan mulut ternyata juga menjadi salah satu media penularan virus.

Dokter kulit Adam Memelak menjelaskan, belum ada studi yang dipublikasikan tentang berapa lama virus bisa hidup di produk kosmetik, terutama di tengah pandemi corona saat ini.

Meski begitu, agar tetap aman saat mengenakan make up atau riasan wajah, simak beberapa tips agar tetap aman dari infeksi virus ketika menggunakan kosmetik.

Lipstik dan balm

Sebuah studi yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine pada April 2020 menemukan, virus bisa hidup di permukaan material plastik hingga 72 jam.

Untuk itu, Mamelak menyarankan agar kita memerhatikan produk kosmetik yang kita gunakan.

"Tabung plastik rias, botol, dan compact perlu menjadi perhatian terkait penularan virus,” kata Mamelak kepada HuffPost.

"Karena virus itu dapat hidup pada wadah plastik dan logam hingga tiga hari, memegang dan merias wajah kemudian menyentuh wajahmu bisa menjadi cara penularan virus."

Halaman
1234
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved