Sekolah di Provinsi Jateng Diizinkan Kembali Buka, Tapi Ini Syaratnya

Antara lain melaksanakan protokol kesehatan, berada di kabupaten atau kota zona hijau, dan selama dua minggu tidak ada penambahan jumlah pasien positi

DOK. TRIBUNSOLO.COM
Ilustrasi kegiatan belajar di sekolah 

TRIBUNSOLO.COM -  Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Jumeri mengatakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat diizinkan kembali dibuka apabila memenuhi persyaratan.

Antara lain melaksanakan protokol kesehatan, berada di kabupaten atau kota zona hijau, dan selama dua minggu tidak ada penambahan jumlah pasien positif Covid-19.

Jumeri menyebut ada dua daerah di Jawa Tengah yang sekolahnya memungkinkan untuk dibuka kembali karena sudah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19 yakni Kota Tegal dan Kabupaten Rembang.

 
"Yang pasti zona hijau baru dua kabupaten dan kota yaitu Tegal (Kota) dan Rembang," kata Jumeri di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin (8/6/2020).

Gugus Tugas Klaten Priharin Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Sumber Penularan Kini Tengah Dilacak

Karyawan Swasta Asal Prambanan Klaten yang Positif Corona Pernah Terjangkit Demam Berdarah

Kendati demikian, menurutnya membuka kembali sekolah di masa pandemi, bukan perkara mudah.

Sebab banyak juga siswa dari satu kabupaten yang bersekolah di kota lain.

"Nah kita nanti mengindentifikasi. Misalnya SMA 3 Semarang, murid dari Kendal berapa. Kalau Kendal masih merah, tidak boleh masuk dia (murid)," jelasnya.

Jumeri menjelaskan pihaknya mengubah rencana untuk mengundang orangtua murid terkait pengambilan rapor untuk datang ke sekolah pada 12 Juni 2020 dengan diganti secara virtual.

"Tadinya akan mengundang orangtua siswa. Tetapi sekarang tetap mengundang orang tua, tapi secara virtual. Karena kondisi Jawa Tengah belum bagus," tuturnya.

Lebih lanjut, Jumeri menerangkan pihaknya juga tengah melakukan persiapan yang mengacu Kementerian Pendidikan.

Update Corona Klaten 8 Juni 2020 : Positif Kian Bertambah Jadi 28 Kasus, ODP dan OTG Juga Meningkat

Daftar 136 Kabupaten/Kota dengan Kategori Risiko Rendah Covid-19, Wonogiri & Karanganyar Masuk

"Bahwa ada syarat-syarat tertentu sekolah bisa membuka pembelajaran tatap muka kembali. Dinas Pendidikan sendiri sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk sekolah, petunjuk teknis untuk penyiapan gugus tugas di sekolah, protokol berangkat sekolah, pulang dari sekolah, pengaturan manajemen pendidikan, pengaturan kurikulum, itu kita buat," ujarnya.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang terus menyiapkan diri menghadapi new normal di berbagai sektor termasuk pendidikan yakni kesiapan sekolah yang ada di Jawa Tengah.

Diketahui, sekolah di Jateng sendiri rencananya akan mulai masuk pada 13 Juli 2020.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekolah di Jawa Tengah Diizinkan Kembali Buka, Ini Syaratnya"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved