Breaking News:

Solo KLB Corona

Catat! Umat Muslim Besok Bisa Salat Jumat Perdana di Masjid Solo,Tapi Perhatikan Imbauan Berikut Ini

Seluruh masjid di Kota Solo mulai besok sudah bisa menyelenggaran salat jumat, setelah 3 bulan ditiadakan akibat pandemi Corona.

Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Asep Abdullah Rowi
TRIBUNNEWS/HERUDIN
ILUSTRASI : Jemaah melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi, Jumat (29/5/2020). Pemeritah Kota Bekasi mengizinkan sejumlah masjid di zona hijau untuk melaksanakan kegiatan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya Samodra

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Seluruh masjid di Kota Solo mulai besok sudah bisa menyelenggarakan salat jumat, setelah 3 bulan ini ditiadakan atau salat di rumah masing-masing akibat pandemi Corona. 

Kepala Kementerian Agama (Kemeneg) Kota Solo, Musta'in Ahmad menjelaskan, meskipun sudah mulai diperbolehkan menggelar salat jumat perdana, pelaksanaan tetap menerapkan protokoler kesehatan Covid-19.

"Salat jumat sudah boleh dilakukan, kemarin sudah kita sosialisasikan ke takmir masjid," jelasnya kepada TribunSolo.com, Kamis (11/6/2020).

Musta'in menjelaskan, sudah seminggu ini masjid di Solo menyiapkan alat-alatnya dan petugasnya, agar pelaksanaan ibadah berjamaah tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Potret Keibuan Zaskia Gotik Bersama Putri Sambung, Peluk dan Cium Kila Sirajuddin Sehabis Salat

Jelang New Normal, Inilah 5 Arahan Jokowi Agar Tak Ada Gelombang Kedua Covid-19

Di antaranya dianjurkan wudlu dari rumah masing-masing, membawa sajadah sendiri hingga bermasker saat ke masjid.

"Jalur keluar-masuk dibatasi, ada petugas yang mengecek suhu tubuh, disediakan tempat cuci tangan, dan jaga jarak shaf," tambahnya.

dia menganjurkan masyarakat menunaikan salat jumat di masjid dekat rumah masing-masing.

"Kita anjurkan masyarakat salat jumat di kampung masing-masing, di lingkungan masing-masing, jadi tidak perlu menuju ke satu titik," ucap dia.

"Itu supaya masjid tidak overload, jadi cukup salat jumat di kampung masing-masing, tidak ada jemaah yang menumpuk di satu titik," imbuhnya.

Ibu Muda di Solo Nekat Gantung Diri, Diduga Tidak PD Ada Jahitan Usai Melahirkan

Update Corona Solo 9 Juni 2020 : Kasus Positif Tak Beranjak, PDP Tambah, Diantaranya Usia 8 Bulan  

Masyarakat, lanjut Musta'in, tidak perlu berkerumun seusai menunaikan salat jumat.

"Tidak perlu bersalam-salaman setelah Salat Jumat atau berkerumun, selesai segera bubar," tuturnya.

Musta'in berharap tempat-tempat ibadah bisa menjadi contoh bagi tempat-tempat lain dalam menerapkan protokoler kesehatan selama new normal.

"Kita berharap bisa menjadi entitas contoh terbaik dibanding dengan tempat-tempat yang lain, biarlah pasar, terminal, dan mall mencontoh masjid jangan kebalik," pungkasnya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved