Virus Corona

Rawan Jadi Pusat Persebaran Covid-19, Simak Protokol Kesehatan di Salon atau Tempat Cukur Rambut

Dokter Reisa menjelaskan rincian soal apa saja protokol kesehatan yang perlu diterapkan.

istimewa
Dokter Reisa Broto Asmoro. 

TRIBUNSOLO.COM - Memasuki era New Normal, sejumlah tempat usaha diperbolehkan untuk beroperasi kembali.

Satu di antara banyak usaha yang mendatangkan keuntungan yang besar adalah sektor kecantikan, seperti salon, barber shop, dan tempat cukur rambut.

Terungkap Ini Alasan Keluarga Pasien Corona di Ambon Ambil Paksa Jenazah dan Pukul Tenaga Medis

Namun, sektor ini sangat berpotensi menjadi pusat penyebaran virus, pasalnya kontak fisik antara warga sulit dihindari.

Tim komunikasi Gugus Tugas Covid-19, Dokter Reisa mengatakan, pemerintah telah mengatur protokol kesehatan di salon kecantikan dalam peraturan HK.01.07/MENKES/382/2020.

Dikutip dari tayangan Kompas TV, Dokter Reisa menjelaskan rincian soal apa saja protokol kesehatan yang perlu diterapkan.

"Bagi pelaku usaha wajib menyediakan sarana cuci tangan, bisa memakai sabun atau hand sanitizer di pintu masuk dan mewajibkan semua orang yang akan masuk mencuci tangan terlebih dahulu" Ujar Dokter Reisa.

Tak hanya itu dalam protokol ini Reisa juga menegaskan kepada pengelola usaha agar tegas jika ada pengunjung dengan suhu tinggi untuk tidak diperbolehkan masuk.

"Pengelola usaha harus melakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk Apabila ada pekerja atau pengunjung dengan suhu di atas 37.3 derajat Celcius, dan diperiksa sebanyak 2 kali dengan jarak 5 menit di antara pemeriksaan, kemudian mereka juga memiliki gejala penyakit, maka tidak diperkenankan untuk masuk" ujarnya.

"Semua pekerja wajib menggunakan alat pelindung diri, berupa masker, pelindung wajah, atau pelindung mata dan celemek selama bekerja" ucap Dokter Reisa.

"Dianjurkan tak menggunakan peralatan secara bersamaan, seperi handuk, celemek, atau alat potong rambut. Alat yang dipakai ulang, harus disanitasi dengan disinfektan" tambah Reisa.

Cerita Asisten Pelatih Barito Putera Sembuh dari Corona, Rutin Minum Air Kurma dan Kunyah Daun Sirih

Halaman
1234
Penulis: Naufal Hanif Putra Aji
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved