Breaking News:

Penampakan Toyota Hilux 2021, Bakal Punya Mesin yang Lebih Besar

Dapur pacu ini sebetulnya sudah jamak dipakai oleh beberapa model Toyota di Timur Tengah ataupun Arab Saudi. Beberapa di antaranya Land Cruiser.

Editor: Ryantono Puji Santoso
kompas.com
Ilustrasi Toyota Hilux GR Sport(cars.co.za) 

TRIBUNSOLO.COM - Inovasi dalam dunia otomotif terus berkembang sampai saat ini. 

Model dan hal baru juga terus dimunculkan dari waktu ke waktu.

Seperti Toyota Hilux yang merupakan salah satu pikap kabin ganda yang cukup diminati oleh konsumen dunia. Di beberapa negara termasuk Indonesia, Hilux dipasarkan dengan beberapa pilihan mesin.

Tahun Ini, Dinas Temukan Kasus Bullying Pada Perempuan dan Anak di Wonogiri

Tracing Kontak Erat Wakil Wali Kota Solo Purnomo: Mulai Keluarga, Wali Kota Solo, Anggota Dewan

Salah satunya mesin diesel 2.400 cc bertenaga 149,6 ps dan torsi 400 Nm untuk varian kabin ganda, serta mesin bensin 2.000 cc yang menghasilkan tenaga 139 ps dan torsi 183 Nm untuk varian pikap.

Laman Autoindustriya melaporkan, produksi 2021 Hilux kan mendapat pilihan mesin baru GR-FE 4.000 cc V6 yang sama dengan kepunyaan Hilux GR Sport.

Mesin ini sanggup hasilkan tenaga maksimal 238 ps dan torsi 376 Nm. Tenaga tersebut akan disalurkan melalui penggerak 4WD serta transmisi otomatis 6-percepatan.

Dapur pacu ini sebetulnya sudah jamak dipakai oleh beberapa model Toyota di Timur Tengah ataupun Arab Saudi. Beberapa di antaranya Land Cruiser, FJ Cruiser, 4Runner, Tacoma, hingga Hilux versi lokal.

Jika nanti masuk pasar Asia, mesin V6 ini memang memiliki tenaga besar, namun torsinya masih kalah dari mesin diesel yang disematkan pada Hilux maupun Fortuner terbaru di Thailand.

 Di atas kertas, mesin diesel 2.800 cc GD Super Power Engine bisa menghasilkan tenaga 201 dk serta torsi maksimal 500 Nm.

Sementara buat Anda yang suka mesin bensin dengan tenaga tidak terlalu besar, Hilux juga bakal tersedia dengan pilihan mesin 2TR-FE 2.700 cc.

Mesin ini sama dengan yang pernah disematkan pada Fortuner atau Innova bensin di Indonesia, yang memiliki tenaga sekitar 166 ps dan torsi 245 Nm.

Namun berbeda dengan mesin V6 yang hanya dilengkapi transmisi otomatis 6-percepatan, mesin ini dibekali juga dengan pilihan manual 5-percepatan dan sistem penggerak 4x2 atau 4x4, yang membuatnya akan lebih terjangkau.

Untuk pasar Asia, mesin bensin berkapasitas besar memang tidak begitu banyak permintaannya karena boros BBM. Hal ini yang membuat tak semua negara memasarkan Hilux dengan mesin bensin.

Sangat berbeda dengan kondisi di Timur Tengah, di mana mesin GR-FE 4.000 cc V6 sampai disematkan di beberapa model lantaran harga bensin yang relatif murah di wilayah itu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Makin Sangar, Toyota Hilux 2021 Bakal Punya Mesin V6 4.000 cc

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved