Breaking News:

Benarkah Ban Motor Matik Lebih Mudah Bocor? Ini Ulasannya

Namun, ukuran pelek yang rata-rata hanya 14 inchi ini sering dianggap menjadi salah satu penyebab ban motor tersebut lebih rentan mengalami kebocoran.

otomotifnet.com
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM - Banyak masyarakat yang menanyakan tentang ban motor matik yang lebih rawan bocor. 

Apakah benar ban motor matik lebih mudah bocor dari ban motor jenis lainnya. 

Tak bisa dipungkiri sepeda motor dengan transmisi otomatis menjadi kendaraan yang paling diminati saat ini. Kemudahan dalam pengoperasiannya serta kenyamanan saat dikendarai menjadi salah satu alasannya.

Daftar 7 Motor Matic Bekas yang Dijual di Bawah Rp 5 Jutaan, Berikut Rekomendasinya

Cara Mudah Mengecek Kondisi Transmisi Mobil Matik, Simak Langkahnya Berikut Ini

Selain itu, skuter matik ( skutik) juga menjadi pilihan tepat saat membawa barang-barang banyak. Ukuran pelek yang lebih kecil dibandingkan dengan motor bebek juga menjadi pertimbangan pengendara saat memilih kendaraan matik ini.

Namun, ukuran pelek yang rata-rata hanya 14 inchi ini sering dianggap menjadi salah satu penyebab ban motor tersebut lebih rentan mengalami kebocoran.

Alasannya adalah karena perputaran ban lebih cepat dibandingkan dengan ban yang memiliki ukuran di atasnya, sehingga ban mengalami panas yang lebih cepat. 

 Lalu benarkan diameter ban yang lebih kecil berpengaruh terhadap mudah tidaknya ban tersebut bocor?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, ukuran diameter ban tidak berpengaruh mudah tidaknya karet pembungkus pelek mengalami kebocoran.

Ban yang dijual di pasaran sudah melalui berbagai proses serta uji coba dengan perhitungan sesuai dengan kekuatan ban tersebut.

“Dari produsen kendaraan motor sudah memperhitungkan tentang hal ini yaitu daya pikul setiap ban,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Editor: Ryantono Puji Santoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved