Breaking News:

Info Kesehatan

Mengenal Penyebab Bau Mulut Tak Sedap, Mulai Faktor Makanan hingga Banyak Bakteri di Gigi

Dokter Spesialis Gigi, drg. Andriana Nani Julifa menyebutkan bau mulut bisa terjadi karena pertama karena adanya bakteri yang terdapat pada gigi dan.

freepik.com/nensuria
Menghilangkan bau mulut saat hamil 

TRIBUNSOLO.COM - Hadirnya bau mulut bisa membuat tidak nyaman bahkan rasa percaya diri bisa berkurang.

Sebenarnya apa sih penyebab bau mulut?

Bau mulut disebabkan oleh banyak daktor dan salah satunya bisa karena kondisi tubuh atau adannya faktor pemicu dari luar seperti makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, bau mulut juga bisa muncul akibat adanya banyak bakteri di mulut.

Dokter Spesialis Gigi, drg. Andriana Nani Julifa menyebutkan bau mulut bisa terjadi karena pertama karena adanya bakteri yang terdapat pada gigi dan pada gigi berlubang bakterinya semakin banyak.

Bakteri ini bisa dikurangi dengan proses pembersihan gigi yang tepat seperti rajin menyikat gigi, berkumur setelah makan, dan banyak minum untuk memberikan pembasahan dalam mulut.

"Mulut gak mungkin steril dari bakteri jadi walaupun menggunakan gigi palsu sekalipun tetap harus disikat dan kalau air sedikit mulut kering dan oksigennya berkurang itu menimbulkan bau," ungkap drg. Andriana saat live bersama Radio Kesehatan, Senin (24/8/2020).

Bau Mulut Bikin Minder? Berikut Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Sendiri di Rumah

Tips Hilangkan Bau Mulut Setelah Menyantap Daging Kurban, Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Harga Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+ Terbaru Agustus 2020, Mulai Rp 12,9 Juta dan Ini Spesifikasinya

Kemudian bau mulut juga dipicu ada penyakit di dalam tubuh seperti maag, diabetes yang membuat kadar asam di dalam mulut semakin tinggi.

"Beberapa penyakit seperti gula, diabetes itu ada bau yang khas di mulut yang mengganggu komunikasi dan pergaulan," ucap drg. Andriana saat live bersama Radio Kesehatan, Senin (24/8/2020).

Lalu makanan dengan bau-bau yang tajam tidak hanya seperti jengkol dan petai, durian pun bisa membuat aroma yang tidak sedap dan menyengat.

Terakhir rokok dan kopi termasuk faktor pemicu bau mulut karena kandungannya yang mudah menempel di gigi bahkan bisa membuat gigi jadi kuning.

"Rokok itu membuat mulut kering dan yang merokok biasanya sambil minum kopi jadi membuat pewarnaan gigi dan bikin bau mulut," pungkas dr. Andriana.

 (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bakteri Hingga Makanan, Biang Pemicu Bau Mulut Tidak Sedap

Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved