Breaking News:

DKI Jakarta Kembali Terapkan PSBB, Ganjar Pranowo: Kami Siap-siap dan Siaga

"Kami siap-siap, apakah ada gelombang pemudik, dishub kami minta siaga. Sudah dapat bocorannya, bahwa tidak ada surat keluar masuk, hanya checking.

TRIBUNSOLO.COM/ADI SURYA SAMODRA
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat mengisi dalam Sinergi Festival Kaum Muda Bursa Kerja Inklusi Solo Raya di Grha Wisata Niaga, Solo, Kamis (5/12/2019). 

TRIBUNSOLO.COM - DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) jilid dua, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pilih ambil langkah siaga dan antisipasi.

Ganjar memilih untuk bersiaga dan mengantisipasi gelombang pemudik.

"Kami siap-siap, apakah ada gelombang pemudik, dishub kami minta siaga. Sudah dapat bocorannya, bahwa tidak ada surat keluar masuk, hanya checking suhu dan tidak semuanya ditutup. Meskipun ini belum putus, tapi setidaknya komunikasi awal dengan Pemda DKI Jakarta sampai sejauh ini berjalan lancar," kata Ganjar, Minggu (13/9/2020).

Ganjar juga aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat termasuk dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Satgas Covid-19 pusat dan lainnya.

"Termasuk nasib warga kami yang tidak bisa pulang, apakah akan dicover Jaring Pengaman Sosial (JPS) atau tidak. DKI mengatakan akan menyiapkan dapur umum di setiap RW, silakan masuk saja dengan KTP. Informasi ini awal yang baik bagi kami," tegasnya.

Benarkah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya

Audi Marissa dan Anthony Xie Resmi Menikah, Sahabat Ungkap Cerita Awal Perkenalan Pasangan Ini

Tragis Nasib Ipung, Tak Sadar Merokok saat Cek Tabung Gas Elpiji, Wajah Terbakar Kena Ledakan

Disinggung terkait kondisi anggaran Jawa Tengah untuk memberikan bantuan kepada warga yang berdomisili di Jabodetabek apabila benar-benar dilakukan PSBB, Ganjar mengaku, seluruh anggaran sudah habis.

"Makanya kenapa kami proaktif tanya dulu ini kepada Pemda DKI dan pusat, agar kita siap-siap. Kita siaga. Maka komunikasi awal menjadi penting," tegasnya.

Ganjar menegaskan, Jawa Tengah tidak menyiapkan anggaran untuk rencana PSBB DKI Jakarta jilid dua ini. 

Maka, pihaknya meminta kepastian dari Pemda DKI dan Pemerintah Pusat terkait hal itu.

"Tujuannya, kalau benar-benar terjadi (PSBB), semuanya sama-sama siap. Nanti saya bisa carikan cara yang lain. Kalau sudah ada kepastian, saya bisa menghitung dan menyiapkannya. Kalau dilakukan secara tiba-tiba, kan kaget semuanya," pungkasnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jakarta Terapkan PSBB Total, Gubernur Ganjar: Kami Siap Siaga"

Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved