Breaking News:

Cara Mudah Modifikasi Motor Trail Jadi Supermoto, Tampilan Jadi Lebih Gahar

Pilihan motor trail di kelas 150 cc semakin beragam sekarang ini. Tak sedikit yang mengendarainya untuk aktivitas sehari-hari.

kompas.com
Modifikasi Yamaha WR 155R Supermoto(Foto: Istimewa) 

TRIBUNSOLO.COM - Penggemar motor trail saat ini tidak terbatas pada mereka yang suka berpetualang di jalan tanah saja. 

Saat ini banyak masyarakat yang memburu motor trail untuk digunakan sehari -hari.

Pilihan motor trail di kelas 150 cc semakin beragam sekarang ini. Tak sedikit yang mengendarainya untuk aktivitas sehari-hari, karena dirasa cocok dengan karakter jalan Indonesia yang jarang rata.

Tanaman Janda Bolong Disebut Gorengan Spekulan, Ini Tips Agar Konsumen Tak Terpancing Harga Selangit

Kemarin Bayi Dibunuh Hasil Hubungan Gelap, Kini Bayi Dibuang di Boyolali, Untung Ditemukan Pemulung

Namun, untuk penggunaan di aspal, akan lebih baik jika diubah menjadi gaya supermoto. Sehingga, tak hanya tampilannya yang berubah, tapi handling juga meningkat.

Lerry Rahmat Rizky, penggawa Caos Custom Bike di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan, mengatakan, ciri khas supermoto adalah menggunakan ban aspal atau on-road tire. Ubahan ini selain membuat tampilannya menjadi lebih gahar, tapi tetap andal di aspal. 

Ubahan paling mendasar dalam mengubah motor trail menjadi supermoto ada di kaki-kakinya. Motor trail pada umumnya menggunakan ban berukuran ring 21 untuk depan dan ring 18 untuk belakang.

Sementara pada motor supermoto, diameter ban yang digunakan biasanya ring 17, untuk depan dan belakang.

Motor supermoto juga identik dengan profil ban yang lebar. Untuk itu, ada baiknya menggunakan pelek depan dengan lebar 3 inci dan pelek belakang 3,5 - 4 inci. Sementara untuk bannya, bisa pasang ban depan ukuran 120/70-17 dan belakang ukuran 140/70-17 atau 150/55-17.

"Semakin terlihat lebar sebenarnya semakin sangar juga kelihatannya, tapi jangan berlebihan. Perhatikan juga kapasitas mesin. Semakin besar ban, tentu mesin harus kerja lebih keras lagi untuk bikin ban berputar," kata Lerry. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Modifikasi Ringan Ini Ubah Motor Trail jadi Supermoto

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved