Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksin Covid-19 Ada yang Gratis dan Bayar, Jokowi Minta Harga Vaksin Mandiri Bisa Terjangkau

Pendekatan ini yakni pemberian vaksin cuma-cuma alias gratis kepada kelompok masyarakat tertentu, juga ada vaksin yang harus dibeli oleh masyarakat.

SETPRES/AGUS SUPARTO
Presiden Jokowi berbicara dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (10/6/2020). Ini adalah untuk kali pertama Jokowi mengunjungi kantor Gugus Tugas, sebelumnya rapat dengan jajaran Gugus Tugas biasa dilakukan lewat video conference dari Istana Kepresidenan. 

TRIBUNSOLO.COM - Terkait masalah vaksin-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegaskan jika distribusi vaksin Covid-19 yang akan memakai dua pendekatan.

Pendekatan ini yakni pemberian vaksin cuma-cuma alias gratis kepada kelompok masyarakat tertentu, juga ada vaksin yang harus dibeli oleh masyarakat.

Untuk vaksin yang akan diberikan secara gratis kata Jokowi tak ada ada masalah.

Sementara untuk vaksin corona berbayar atau mandiri, ia meminta biayanya dihitung secara cermat sehingga terjangkau bagi masyarakat.

Baca juga: Ini Aktivitas Terakhir Staf Bagian Hukum KPU Wonogiri yang Ditemukan Meninggal di Kamar Hotel Solo

Baca juga: 20 Kumpulan Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020, Cocok Dibagikan ke WA, Facebook, dan IG

"Karena ini (vaksin corona) ada yang gratis, ada yang mandiri atau bayar sendiri. Ini pengenaan biaya vaksinasi secara mandiri harus betul-betul dikalkulasi dan dihitung secara cermat," jelas Jokowi. Saya minta harganya bisa terjangkau," tegas Jokowi saat memimpin ratas terkait vaksinasi corona secara virtual, Senin (26/10).


Presiden Jokowi pada rapat terbatas pengadaan vaksin di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi pada rapat terbatas pengadaan vaksin di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden) ()

Sebelumnya, Jokowi menyatakan vaksin gratis akan menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan.

Kemudian, vaksin berbayar akan berada di bawah komando Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Jokowi meminta masalah aturan biaya dan harga vaksin corona mandiri langsung disiapkan sejak sekarang. Sehingga tidak menimbulkan polemik.

"Disiapkan aturannya sejak awal,” terangnya.

Jokowi tak menjelaskan lebih lanjut berapa harga ideal untuk satu dosis vaksin virus corona. Hal yang penting katanya, semua dikomunikasikan ke publik secara gamblang.

Halaman
123
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved