Breaking News:

Penanganan Covid

Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Beredar Nanti Bermutu Aman

Meski 1,2 juta vaksin Sinovac telah tiba namun penggunaannya harus menunggu izin yang diterbitkan BPOM dan MUI.

Editor: Hanang Yuwono
TribunSolo.com/Muchlis Jr - Biro Pers Setpres
Vaksin Covid-19 dari Sinovac telah tiba di Indonesia dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Pemerintah buka suara soal kemananan vaksin Covid-19 yang disediakan untuk masyarakat.

Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 ini bermutu aman.

Baca juga: Satgas Sebut Protokol Kesehatan dan Vaksin Saling Melengkapi: Penanganan Covid-19 yang Efektif

Baca juga: Testing Covid-19 Per Desember 2020 Mencapai 95,35 Persen, Satgas: Mendekati Standar WHO

Meski 1,2 juta vaksin Sinovac telah tiba namun penggunaannya harus menunggu izin yang diterbitkan BPOM dan MUI.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam talkshow virtual, Jumat (11/12/2020).

"Kita sudah pemerintah memastikan bahwa vaksin yang diberikan kepada masyarakat adalah vaksin yang bermutu aman dan memenuhi regulasi dari BPOM dan MUI," ujarnya.

Perempuan yang juga menjabat Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes ini meminta masyarakat tak perlu meragukan BPOM sebagai lembaga yang mengurus izin pengunaan obat dan vaksin di Indonesia.

Siti melanjutkan, sampai hari ini memang belum ada hasil uji klinik fase III yang selesai untuk vaksin Covid-19 Sinovac.

Saat ini, BPOM masih memproses dan menunggu data-data terkait aspek keamanan dan efektifitas baik dari China maupun Universitas Pandjajaran Bandung.

"Kedua lembaga ini untuk menyatakan pelaksanaan daripada vaksinasi nasional (bisa atau tidak)," kata dia.

Ia mengingatkan, protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan) tetap  yang utama untuk dijalankan meski vaksin telah ada.

"Vaksin adalah upaya pencegahan sekunder dan upaya pencegahan primer ini adalah 3M. Ini harus tetap kita terapkan supaya kita betul-betul terlindungi dari infeksi virus Covid-19," harap Siti. (Rina Ayu Panca Rini)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. TribunSolo.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Jubir Vaksinasi: Pemerintah Pasti Berikan Vaksin Covid-19 Bermutu Aman

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved