Breaking News:

Apakah Bisa Melihat Siapa Saja yang Mengintip Profil Instagram Kita? Ini Penjelasannya

Bnayak orang bertanya-tanya, apakah bisa melacak siapa saja stalker yang melihat profil Instagram pengguna. Instagram belum menyediakan fitur tersebut

chip.co.id
Instagram ganti logo dan style. 

TRIBUNSOLO.COM - Instagram adalah salah satu media soasial yang banyak digunakan, baik dari kalangan remaja hingga dewasa.

Bisa dikatakan Instagram memiliki banyak fitur seperti Story, Live Streaming, hingga Reels untuk membuat video kreasi singkat layaknya aplikasi TikTok.

Meski Instagram sudah memiliki fitur lumayan lengkap, namun Instagram belum menyediakan fitur yang mampu melacak siapa saja yang melihat profil pengguna.

Hal ini menjadi tanda tanya, sebab tak sedikit pengguna Instagram justru ingin tahu siapa saja pengikut maupun orang lain yang telah mengintip profil mereka.

Baca juga: Cara Membuat Best Nine 2020 di Instagram, Simak Langkah-langkahnya

Baca juga: Cara Mengetahui Stalker di Instagram Tanpa Aplikasi, Simak 3 Langkah Mudah Berikut

Baca juga: Bikin Heboh, Kiky Saputri Beberkan Reaksi Ariel NOAH Usai Ia Cium dan Unggah Videonya di Instagram

Janji aplikasi pihak ketiga

Untuk melacak " stalker" atau orang-orang yang sering mengunjungi akun mereka, pengguna biasanya memakai cara lain seperti menginstall aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi tersebut kerap menjanjikan pengguna dapat mencari tahu siapa saja yang melihat profil mereka hingga daftar pengikut yang sering membuka posting, dan yang tidak pernah memberikan like atau komentar.

Peneliti dari perusahaan IT SecurityScoreCard, Alex Heid mengatakan bahwa aplikasi semacam itu tidak benar-benar bisa diandalkan karena data yang ditampilkan pun cenderung tidak valid.

"Aplikasi apa pun yang mengklaim bisa melakukan itu, kemungkinan besar hanya menampilkan nama pengguna secara acak dan merilis daftar nama yang berbeda. Mereka juga secara tidak langsung akan melacak data pengguna," kata Alex.

Meski tidak semua aplikasi tersebut berbahaya, namun pengguna diminta tetap harus waspada. Sebab, aplikasi pihak ketiga bisa saja memiliki trik lain untuk mencuri atau mengakses data pribadi penggunanya.

Halaman
12
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved