Breaking News:

SNMPTN 2021

Tips SNMPTN 2021: Inilah 9 Prodi Soshum dengan Persaingan Ketat, Bisa Jadi Pertimbangan

Para calon mahasiswa yang akan mendaftar SNMPTN 2021 juga diharuskan memilih prodi yang akan diikutinya, salah satunya prodi sosial dan humaniora.

Editor: Hanang Yuwono
Tangkap layar www.ltmpt.ac.id
Situs LTMPT di www.ltmpt.ac.id. 

TRIBUNSOLO.COM -- Buat kamu yang kini duduk di kelas XII Sekolah Menengah Atas atau sederajat, berikut tips memilih jurusan kuliah dalam SNMPTN 2021.

Diketahui, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mulai membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 mulai sore nanti pukul 15.00 WIB, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Cara Mendaftar SNMPTN 2021, Mulai Dibuka Hari Ini Pukul 15.00 WIB

Baca juga: Cara Registrasi Akun LTMPT SNMPTN 2021, Segera Simpan Data Secara Permanen Sebelum Ditutup

Para calon mahasiswa yang akan mendaftar SNMPTN 2021 juga diharuskan memilih program studi (prodi) yang akan diikutinya, salah satunya prodi sosial dan humaniora (Soshum).

Dalam memilih prodi Soshum ini, seorang calon mahasiswa juga harus mencermati tingkat persaingan.

Pasalnya, hal ini penting dilakukan agar tidak salah pilih jurusan kuliah.

Dalam mempertimbangkan, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah tingkat persaingan dan ketetan di prodi dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut.

Melansir Kompas.com dari laman instagram @ditjen.dikti, disebutkan bahwa keketatan persaingan merupakan Perbandingan antara persentase peserta yang diterima dengan jumlah pendaftar.

Bisa diambil contoh, misalnya dari 10 ribu pendaftar untuk jurusan Saintek, PTN hanya menerima 100 mahasiswa maka keketatannya 100:10.000 yang berarti, hanya satu mahasiswa diterima dari 100 pendaftar. Atau 1:100 atau 1 persen saja.

Nah, seperti apa tingkat pengetatan prodi soshum? Berikut Kompas.tv ambilkan beberapa daftar prodi soshum dengan tingkat ketetatan persaingannya:

1. Manajemen, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebesar 0,93 persen

Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved