Breaking News:

Penanganan Covid

Masyarakat Indonesia Kini Anggap Pakai Masker Sudah Jadi Norma Baru

Hal ini menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya protokol kesehatan mampu mencegah penularan Covid-19.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Masker kini menjadi barang penting di tengah pandemi. Bagi orang dewasa tentu sudah terbiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, namun membiasakan diri kepada anak adalah tugas dari orang tua. 

TRIBUNSOLO.COM - Kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat masyarakat kini punya kebiasaan baru.

Diungkapkan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi, memakai masker sudah menjadi cara hidup masyarakat Indonesia.

Bahkan masyarakat sudah saling mengingatkan atau menegur jika ada sesamanya yang tidak memakai masker.

Baca juga: Awas Kini Banyak Beredar Masker Medis Palsu, Cek Cara Membedakan Masker Medis Palsu dan Asli

Baca juga: Momen Gibran Marah di SMAN 1 Solo : Gibran Ingatkan Guru yang Tak Pakai Masker, Malah Ditertawai

Hal ini menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya protokol kesehatan mampu mencegah penularan Covid-19.

Seiring perilaku patuh terhadap protokol kesehatan itu terjadi penurunan kasus baru dan aktif di Indonesia.

“Masker sudah menjadi cara hidup biasanya. Orang sudah biasa saja pakai masker, jaga jarak,” ujar Sonny dalam Trijaya Vaksin Day: Kita Yakin Vaksin, seperti disiarkan langsung di Channel MNC Trijaya, Jumat (9/4/2021).

“Cuma masalahnya memang kadang-kadang mereka itu ada titik-titik lengah yang lupa, misalnya melepas masker pada saat makan bersama dengan teman-teman.

Sejumlah mahasiswa civitas akademi Universitas Kristen Indonesia memberikan  makanan gratis kepada masyarakat di area kampus UKI Cawang, Jakarta, Selasa (16/3/2021). Kegiatan UKI Peduli dan Berbagi ini digelar selama 3 bulan dengan memberikan 500 bungkus nasi, masker dan vitamin dalam meringankan beban masyarakat di tengah situasi Pandemi Covid 19. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah mahasiswa civitas akademi Universitas Kristen Indonesia memberikan makanan gratis kepada masyarakat di area kampus UKI Cawang, Jakarta, Selasa (16/3/2021). Kegiatan UKI Peduli dan Berbagi ini digelar selama 3 bulan dengan memberikan 500 bungkus nasi, masker dan vitamin dalam meringankan beban masyarakat di tengah situasi Pandemi Covid 19. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Nah itu titik lengah. Kadang-kadang mereka juga lupa membawa masker cadangan, sehingga ketika basah tidak ada master cadangan,” jelas Sonny.

Namun dia tegaskan, memakai masker sudah menjadi perilaku masyarakat Indonesia.

“Sekarang sudah biasa saja orang pakai masker. Malah jadi aneh kalau orang tidak pakai masker. Memakai masker sudah menjadi norma baru,” ucapnya.

Sonny menyebutkan pula ada tren positif tingkat kepatuhan kabupaten/Kota terhadap protokol kesehatan, khususnya memakai masker dari waktu ke waktu.

Berdasarkan data, dia mengutip, hanya 59 Kabupaten/Kota di Indonesia pada bulan Desember lalu yang sangat patuh memakai masker.

Kemudian meningkat pada Januari 2021 menjadi 94 Kabupaten/Kota. Terus naik menjadi 109 Kabupaten/Kota pada Februari dan pada Maret menjadi 110 Kabupaten/Kota.

Meskipun demikian edukasi pentinya memakasi masker dan mematuhi protokol kesehatan masih terus digencarkan Satgas Covid-19 kepada masyarakat. (Srihandriatmo Malau)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Satgas Covid-19: Pakai Masker sudah Jadi Cara Hidup Biasa Masyarakat Indonesia

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved