Breaking News:

Virus Corona

Pemerintah Berikan BLT Desa Rp 300.000 per Bulan Kepada 8 Juta Keluarga, Ini Rincian yang Menerima

Pemberian bansos ini pun sudah disepakati oleh Menteri Sosial, Menteri Keuangan, serta Gubernur BI.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
KOMPAS.com/NURWAHIDAH
Ilustrasi uang bantuan sosial. 

TRIBUNSOLO.COM - Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat terkait pemberian bantuan sosial.

Pemerintah telah sepakat akan kembali memberikan bantuan sosial kepada masyarakat.

Baca juga: Kabar Baik, Pemerintah akan Kembali Beri Bansos bagi Masyarakat, Sudah Disetujui Mensos dan Menkeu

Pemberian bansos ini pun sudah disepakati oleh Menteri Sosial, Menteri Keuangan, serta Gubernur BI.

"Tadi kita sudah rapat soal bansos, karena jujur kita tidak bisa memprediksi sampai Juni tahun ini keadaan ini terjadi lonjakan lagi."

"Karena banyak ketidaktahuan kita mengenai Covid-19 ini. Ternyata setelah bulan Juni ini kenaikannya luar biasa. Oleh karena itu kami sepakat bansos akan digulirkan lagi."

"Jadi tadi Ibu Risma, Ibu Menteri Keuangan, Gubernur BI, dan teman-teman lainnya, kami telah bertemu dan kami sudah sepakat untuk semua kita bantu lagi," kata Luhut dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kamis (1/7/2021).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, sebagai tindak lanjut dari penerapan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Adapun program BLT Desa ini diberikan kepada keluarga miskin dan tidak mampu di desa dengan besaran bantuan tunai sebesar Rp 300.000 per keluarga penerima manfaat (KPM) per bulan.

"Kami mempercepat penyaluran BLT desa, sebab ini juga sangat penting pada saat dilakukan PPKM Darurat terutama pada zona-zona merah," ujar Sri Mulyani dalam koferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Syarat Lengkap Perjalanan Domestik saat PPKM Darurat 3-20 Juli, Jangan Lupa Siapkan Kartu Vaksin

Ia menjelaskan, pemerintah telah menganggarkan Rp 28,8 triliun untuk kebutuhan BLT Desa dengan target 8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved