Viral

Besi Pengait Bendera Tiba-tiba Patah, Anggota TNI Ini Berlari di Tengah Upacara Lalu Panjat Tiang

Sebuah kejadian tak terduga terjadi saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia di Kantor Gubernur Bangka Belitung.

istimewa/BangkaPos
Detik-detik anggota TNI memanjat bendera lalu membenarkan besi pengait yang patah. Indiden ini terjadi pada Upacara HUT ke-76 RI di Kantor Gubernur Bangka Belitung, Selasa (17/8/2021) 

TRIBUNSOLO.COM - Sebuah kejadian tak terduga terjadi saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia di Kantor Gubernur Bangka Belitung, Selasa (17/8/2021).

Pasalnya dalam upacara ini terjadi insiden patahnya besi pengait bendera saat upacara penaikan bendara Merah Putih.

Baca juga: Beredar Foto Viral Satpol PP Sukoharjo Copoti Baliho Besar Puan Maharani, Begini Faktanya

Dalam kejadiannya saat bendera akan dinaikkan, tiba-tiba besi pengait patah.

Dilansir dari TribunBangka, saat kejadian berlangsung sosok Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas adalah Muhammad Naufal Abyzar, Rian Anarki, dan Daffa Izza Muhammad.

Melihat kondisi ini anggota TNI yang juga seorang pelatih Paskibra Babel dari Korem 045/Garuda Jaya sontak berlari menuju tiang bendera.

Ia memanjat tiang setinggi tiga meter dan mengambil tali yang terlepas dari pengail bendera untuk disambungkan kembali ke bendera tanpa besi pengait.

Bendera kembali dinaikkan.

Kejadian ini menjadi pusat perhatian para peserta upacara dengan pembina, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman tersebut.

"Jadi gini bukan putus dari tali. Jadi di itu ada besi, nah besi pengait bendera (itu yang patah, bukan putus, tapi patah," kata Ketua Tim Pelatih Aipda Wahyu, kepada Bangkapos.com, Selasa (17/8/2021) di kantor gubernur.

Wahyu menjelaskan, kejadian besi patah tak pernah terjadi saat menggunakan bendera latihan.

Mereka menggunakan besi pengait yang berbeda dengan yang digunnakan saat upacara.

"saat latihan bukan besi sama seperti itu, besi latihan agak berbeda (dengan besi yang patah--red)," ujarnya.

Ketua Tim Pelatih Aipda Wahyu, menunjukkan pengait bendera yang patah saat upacara kenaikan bendera di peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, pada Selasa (17/8/2021) pagi di Halaman Gubernur Provinsi Bangka Belitung.(Bangkapos.com/Riki Pratama)
Ketua Tim Pelatih Aipda Wahyu, menunjukkan pengait bendera yang patah saat upacara kenaikan bendera di peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, pada Selasa (17/8/2021) pagi di Halaman Gubernur Provinsi Bangka Belitung.(Bangkapos.com/Riki Pratama) (bangkapos.com)

Sosok anggota TNI yang memanjat tiang bendera tersebut berpangkat Sersan Kepala dan bernama Hananto.

Untuk diketahui, ia merupakan anggota Korem 045/Garuda Jaya.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved