Breaking News:

Berita Solo Terbaru

Sosok KRMH Roy Rahajasa Kandidat Calon Raja Pura Mangkunegaran, Cucu Mohammad Yamin

KRMH Roy Rahajasa bersama GPH Paundrakarna dan GPH Bhre Cakrahutomo kini jadi kandidat kuat calon Raja Mangkunegaran IX. Bagaimana peluang mereka?

Editor: Hanang Yuwono
TribunSolo.com/Fristin Intan Sulistyowati
Suasana Tahlilan 40 hari, meninggalnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX di Puro Mangkunegaran. 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO -- Masyarakat Solo kini menantikan siapa pengganti Raja Pura Mangkunegaran.

Diberitakan sebelumnya, Raja atau Adipati Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX mangkat pada Jumat,  13 Agustus silam.

Hingga kini, teka-teki siapa penggantinya belum juga dipastikan.

Namun, menurut seorang kerabat Mangkunegaran di Solo, Seno Adjie, sudah muncul tiga nama calon kuat Adipati Mangkunegaran yang baru.

Selain nama putra KGPAA Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo untuk meneruskan tahta tersebut, saat ini ada nama lain, yaitu KRMH Roy Rahajasa Yamin.

Baca juga: Tak Hanya GPH Paundra & GPH Bhre,Tapi Ada Sosok KRMH Roy yang Berpeluang Jadi Raja Mangkunegaran

Baca juga: Sudah 40 Hari Wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Masyarakat Terus Datang untuk Berziarah

"Memang Pak Roy ini salah satu cucu yang menjadi andalan karena menjadi trah suksesi tidak harus putra dari almarhum," katanya, Senin (27/9/2021).

Putra KGPAA Mangkunegara IX, GPH Paundrakarna Sukma Putra, dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.
Putra KGPAA Mangkunegara IX, GPH Paundrakarna Sukma Putra, dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. (TribunSolo.com/Fristin Intan)

Menurut dia, Roy memiliki kapasitas yang baik sebagai salah satu kandidat.

Meski demikian, Seno yang merupakan adik ipar Roy Rahajasa mengatakan tidak ada ambisi khusus dari kakaknya terkait suksesi tersebut.

"Yang banyak memberikan reaksi adalah masyarakat Solo. Sebelumnya kan berharap setelah (peringatan meninggal) 40 hari ada pengumuman keputusan tetapi (hingga saat ini belum ada), masyarakat Solo mulai bereaksi," katanya.

Ia menilai jika terlalu lama tidak diputuskan, maka hal tersebut akan menimbulkan suasana yang tidak nyaman bagi keluarga besar Pura Mangkunegaran.

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved