Breaking News:

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 4 Halaman 80 82 85 86 87 88 89 90 91 92, Subtema 2

Artikel ini menyajikan soal dan kunci jawaban Buku Tematik kelas 5 SD tema 4 halaman 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, dan 92.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ENDRO
Kumpulan Kunci Jawaban Buku Tematik SD sebagai panduan orangtua untuk anak belajar di rumah. 

TRIBUNSOLO.COM - Artikel ini menyajikan soal dan kunci jawaban Buku Tematik kelas 5 SD tema 4 halaman 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86,  87, 88, 89, 90, 91, dan 92.

Kunci jawaban ini terdapat pada Buku Tematik Tema 4 kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Sehat Itu Penting.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Halaman 105 Sampai 116 Subtema 3

Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak. 

Kunci Jawaban Halaman 80-81

Setelah berolahraga beladiri, tiba-tiba kepala Edo terasa pusing. Edo teringat jika peredaran darah pada tubuhnya pernah terkena gangguan tekanan darah rendah. Kemudian, Edo beristirahat di ruang UKS. Tahukah kamu penyebab terjadinya tekanan darah rendah?

Bacalah artikel tentang gangguan pada organ peredaran darah manusia, baik dari surat kabar, majalah, maupun internet. Tuliskan nama gangguan dan penyebab-penyebabnya.

Ayo Menulis

Bacalah artikel tentang gangguan pada organ peredaran darah manusia, baik dari surat kabar, majalah, maupun internet. Tuliskan nama gangguan dan penyebab-penyebabnya.

Jawaban:

Nama gangguan: Leukimia
Penyebabnya: Terlalu banyak sel darah putih

Nama gangguan: Hipertensi (darah tinggi)
Penyebabnya: Mengkonsumsi terlalu banyak garam, kafein, merokok

Nama gangguan: Varises
Penyebabnya: Disebabkan karena tekanan darah yang terlalu besar dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung terlalu banyak.

Kesehatan begitu penting bagi kehidupan manusia. Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kita. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh manusia?

Ayo Membaca

Empat Faktor yang Memengaruhi Kesehatan

Kesehatan adalah anugerah yang paling berharga bagi setiap insan manusia. Buat apa banyak harta, tetapi badan kita sakit. Ada juga yang mengatakan “Health is not everything, but without health everything is nothing”. Memang, kesehatan itu bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tiada artinya. Saat sakit, kita akan mengalami banyak kerugian. Selain biaya berobat yang mahal, waktu produktif kita juga terbuang percuma. Kita yang biasanya per jam dibayar Rp100.000,00 maka dalam satu hari saja sudah Rp2.400.000,00 uang yang seharusnya kita dapatkan akan terbuang percuma. Kalau kita sakit selama sebulan, berapakah uang yang seharusnya masuk ke tabungan kita itu hilang begitu saja.

Menurut Hendrick L. Blumm, terdapat empat faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yaitu faktor perilaku, faktor lingkungan, faktor keturunan, dan faktor pelayanan kesehatan. Dari 4 faktor yang memengaruhi derajat kesehatan tersebut ternyata faktor perilaku memiliki pengaruh yang cukup besar, kemudian di ikuti oleh faktor lingkungan, faktor pelayanan kesehatan, dan faktor keturunan. Keempat faktor di atas memiliki keterkaitan dan saling memengaruhi.

1. Faktor Perilaku

Perilaku masyarakat yang sehat akan menunjang dan berdampak semakin meningkatnya derajat kesehatan. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya penyakit berbasis perilaku dan gaya hidup. Misalnya, kebiasaan pola makan yang sehat dapat menghindarkan kita dari serangan banyak penyakit, antara lain; Jantung, darah tinggi, stroke, obesitas (kegemukan), diabetes melitus, dan lain sebagainya. Kebiasaan (perilaku) mencuci tangan sebelum makan akan menghindarkan kita dari penyakit saluran pencernaan (diare dan lain sebagainya). Perilaku menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dapat mencegah penyakit seputar kesehatan gigi dan mulut. Dan masih banyak perilaku atau kebiasaan yang berpengaruh terhadap kesehatan.

2. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang bersih sangat berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Perbandingan angka orang sakit yang signifikan, terjadi antara lingkungan yang bersih dengan lingkungan kumuh/kotor. Beberapa penyakit yang sering menjangkiti masyarakat yang hidup di lingkungan kumuh antara lain: demam berdarah, gatal-gatal, infeksi saluran pencernaan, dan pernapasan.

3. Faktor Pelayanan Kesehatan

Ketersediaan fasilitas kesehatan dengan mutu pelayanan yang baik, akan mempercepat derajat kesehatan masyarakat. Dengan adanya fasilitas yang mudah terjangkau dan dengan mutu pelayanan yang baik, akan meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat. Ketersediaan fasilitas harus diikuti dengan keterampilan tenaga kesehatan yang merata, mencukupi, dan mempunyai kompetensi di bidangnya. Dalam pelayanan hingga tingkat pelosok desa.

4. Faktor Keturunan

Banyak penyakit yang dapat kita cegah, misalnya dengan cara membersihkan lingkungan. Namun, sebagian penyakit tidak dapat kita hindari, seperti penyakit keturunan. Semakin besar risiko penyakit keturunan, maka akan semakin sulit meningkatkan derajat kesehatan. Untuk mencegah penyakit turunan perlu ada nya konseling perkawinan yang baik. Keempat faktor di atas saling berpengaruh dan tidak berdiri sendiri. Oleh karena itu, upaya pembangunan sarana kesehatan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan secara simultan. Upaya yang dilaksanakan harus komprehensif, mencakup upaya preventif/promotif, kuratif dan rehabilitatif. Pemerintah sebagai pembuat regulasi harus berperan aktif dalam pembangunan sarana kesehatan serta pelaksanaan kesehatan secara menyeluruh.

Kunci Jawaban Halaman 83

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas buatlah kesimpulan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan manusia. Tuliskan dalam kolom berikut!

Jawaban:

Faktor lingkungan, keturunan, kebiasaan

Menari juga merupakan kegiatan yang menggerakkan anggota tubuh. Dalam menari hendaknya menggunakan pola lantai supaya gerak yang diperagakan lebih indah. Dalam menari kadang-kadang juga dilengkapi dengan properti tari. Pada tema sebelumnya kamu sudah belajar mengenai pola lantai. Pada pembelajaran 2 di sub tema ini, kamu juga sudah mengenal tentang properti tari. Coba cari tahu kembali mengenai pola lantai dan properti tari.

Kunci Jawaban Halaman 83-84

Ayo Menulis

Coba cari tahu kembali tentang pola lantai. Kamu dapat melakukanya dengan cara mengingat kembali pembelajaran pada tema-tema sebelumnya. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam kolom berikut!

Jawaban:

Pola lantai adalah garis yang dilalui penari saat melakukan gerakan tari, terdapat dua pola yaitu pola garis lurus yang memberikan kesan sederhana tetapi kuat dan garis lengkung yang memberikan kesan lembut tetapi lemah.

Gambarkan bentuk pola lantai kelompok yang sudah kamu kenal pada kolom berikut!

Jawaban:

Pola lantai lurus: vertikal, horizontal, diagonal, zig-zag

Pola lantai melengkung: Lingkaran, angka delapan, lengkung ke depan, lengkung ke belakang

Siti dan teman-temannya menari. Mereka melakukan gerak tari dengan alat. Perhatikan gambar gerakan mereka.

Siti dan teman-temannya menari
Siti dan teman-temannya menari

1. Apa alat yang digunakan Siti dan teman-temannya untuk melakukan gerak tari?

Jawaban:

Busur panah

2. Bagaimana Siti dan teman-teman menggerakkan propertinya? Uraikan gerakan Siti dan teman-teman sesuai pengamatanmu terhadap gambar di atas. Sebelum kamu menguraikan, coba kamu tirukan terlebih dahulu gerakannya. Peragakan dengan pola lantai yang terlihat pada gambar.

Jawaban:

Gerak 1: Gerakan memegang busur dengan tangan kanan, diikuti dengan kaki kanan jinjit di samping kaki kiri.

Gerak 2: Gerakan busur panah diarahkan ke samping kiri, lalu kaki kanan melangkah diikuti kaki kiri jinjit di samping kaki kanan.

Ayo Berkreasi

Coba peragakan gerak 1 dan 2 di atas secara berurutan. Lakukan bersama teman-temanmu dengan pola lantai. Gunakan properti tari seperti di atas. Jika tidak memiliki properti seperti itu, gunakan properti lain, misalnya tongkat. Tunjukkan gerakmu di depan guru dan teman-temanmu!

Tubuh manusia memang hendaknya banyak bergerak. Dengan bergerak seperti berolahraga dan menari, denyut jantung akan meningkat sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jarang berolahraga membuat peredaran darah di seluruh tubuh terganggu. Dampaknya, peredaran darah tergangggu dan akan timbul banyak penyakit. Edo tidak mau sakit-sakitan. Oleh karena itu, Edo ingin banyak melakukan gerak. Seperti sore itu, Edo mengajak Udin bersepatu roda. Mereka beradu cepat. Jarak garis start dibuat di depan rumah Udin, sementara garis finish ada di depan Toko Jaya.

Kunci Jawaban Halaman 85-86

Ayo Menulis

Jalan-jalan ke kota hujan
Naik turun melewati bukit
Jangan lupa gerakkan badan
Supaya kita tak pernah sakit

Hitam legam burung gagak
Terbang bebas di langit tinggi
Okelah kawan ayo bergerak
Bersepatu roda sesuka hati

Tahukah kamu isi pantun yang diucapkan Udin dan Edo di atas? Tuliskan isi pantun tersebut dalam kolom berikut!

Jawaban:

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan menggerakan badan.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 4 Halaman 53 Sampai 62 Subtema 2

Kunci Jawaban Halaman 87-89

Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota. Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman-temannya sering berlatih menari.

Ayo Mengamati

Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?

Gerak Tari 1
Gerak Tari 1
Gerak Tari 2
Gerak Tari 2 (Buku Tematik Tema 4 Kelas 5 SD)

Ayo Berlatih

Praktikkan kedua gerak pada gambar di atas. Praktikkan secara berulang-ulang sampai kamu menguasai gerak tersebut. Praktikkan dengan pola lantai dan properti yang sesuai. Setelah kamu menguasai gerak itu, peragakan di depan guru dan teman-temanmu. Percaya dirilah saat kamu memperagakan gerak

Ayo Berkreasi

Buatlah gerak tari dengan pola lantai. Kamu boleh menggunakan properti. Buatlah gerak dengan hitungan 2 x 8 saja. Uraikan gerak dan gambarlah pola lantai pada kolom berikut.

Jawaban:

- Ragam gerak: Gerakan menepuk lantai dengan hitungan 2x8 dengan posisi kedua tangan menepuk ke lantai selama 2x hitungan dan menjentikkan jarinya di samping dada selama 2x hitungan dengan posisi dalam keadaan duduk.

- Ragam gerak: Gerakan menggoyangkan badan dengan hitungan 2x8 dengan posisi menjentikkan jari di samping dada selama 2x hitungan dan menggoyangkan ke arah berlawanan selama 2x hitungan, lakukan secara bergantian

Siti dan teman-teman sepakat, pada acara pentas seni akan mementas tarian dengan properti. Lina dan Dayu yang akan menari dan ada tiga anak lain yang akan menyanyi untuk mengiringi tarian. Mereka akan bersamasama menyiapkan acara pentas tersebut. Setiap anak harus bertanggung jawab atas tugas yang mereka sepakati. Sebagai contoh, Siti, Lina, Dayu akan bertanggung jawab menyiapkan busana tari yang akan digunakan. Udin dan Edo bertanggung jawab atas kebersihan tempat untuk berlatih tari.

Ingatkah kamu arti tanggung jawab? Pernahkah kamu diberi tugas? Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu? Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu? Coba tuliskan jawaban dari semua pertanyaan tersebut pada kolom berikut.

Jawaban:

Tanggung jawab merupakan suatu keadaan dimana seseorang harus melaksanakan tugas atau kewajibannya.

Pernah, saya bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan kepada saya.

Dengan mengerjakan tugas tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 90-92

Ayo Menulis

Tanggung jawab adalah…

Jawaban: Tanggung jawab adalah keadaan dimana seseorang harus melaksanakan tugas atau kewajibannya.

Nama kegiatan:

Jawaban: OSIS

Tugas untukku:

Jawaban: Ketua OSIS

Wujud tanggung jawabmu terhadap tugas:

Jawaban: Memimpin rapat
Mengkoordinasikan semua anggota OSIS
Menetapkan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan dalam musyawarah dan mufakat

Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang. Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan properti selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.

Pantun Edo dan Siti
Pantun Edo dan Siti

Ayo Menulis

Termasuk bentuk pantun apa yang diucapkan Siti dan Edo di atas? Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tahu. Kemudian, buatlah pantun seperti di atas. Tuliskan dalam kolom berikut!

Jawaban:

Pantun jenaka

Buah pisang buah tomat
Disimpan di dalam lumbung padi
Pantas tercium bau menyengat
Rupanya kau belum mandi

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari dalam satu minggu ini?
2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran dalam minggu ini?
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran minggu ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran minggu ini?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ajaklah orang tuamu berbalas pantun. Tuliskan pantun yang diucapkan orang tuamu. Tuliskan juga pantun yang kamu ucapkan.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

(Tribunnews.com/Nadya)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved