Breaking News:

Pasokan Listrik Melimpah, PLN Gencarkan Program Listrik Masuk Sawah di Jawa Tengah

PLN saat ini terus menggencarkan program Electrifying Agriculture di Jawa Tengah & D.I.Yogyakarta untuk meningkatkan produktivitas usaha para petani.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
PLN via TRIBUNSOLO.COM
PLN Gencarkan Program Electrifying Agriculture. 

TRIBUNSOLO.COM -- Konsumsi listrik masyarakat hingga saat ini masih didominasi oleh kelompok rumah tangga.

Oleh karenanya dibutuhkan dorongan dan ekspansi agar aktivitas produktif masyarakat dapat memanfaatkan potensi tenaga listrik, khususnya bagi pelaku usaha agribisnis.

PLN saat ini terus menggencarkan program Electrifying Agriculture di Jawa Tengah & D.I.Yogyakarta untuk meningkatkan produktivitas usaha para petani.

Baca juga: PLN Jamin Jaringan Listrik di Mandalika Bakal Aman saat Ajang Balap Internasional, Ini Upaya Mereka

Baca juga: Dukung World Superbike 2021, PLN Terapkan Listrik Tanpa Kedip di Mandalika

Dalam mendukung hal tersebut PLN menyelenggarakan Webinar bertajuk "Electrifying Agriculture dan UMKM di Masa Pandemi" pada Jumat, (19/11/2021).

Adapun pembicara dalam webinar, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & D.I.Yogyakarta, M. Irwansyah Putra, Bupati Karanganyar, Juliyatmono secara online, Kepala Dinas ESDM Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko, dan Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Karanganyar, Siti Maisyaroch.

Irwansyah mengatakan, dalam waktu dua hingga tiga tahun ke depan Jateng akan mendapatkan tambahan tenaga listrik 5.000 Mega Watt (MW) yang harus dimanfaatkan.

“Ini energi yang perlu kita manfaatkan. Karena Jateng sekarang tak melihat rasio elektrifikasi. Jateng sudah mengukur dari pemakaian rata-rata per kapita yang terpakai, bukan lagi tolok ukur dengan rasio elektrifikasi. Ini terobosan, tiga langkah maju,” kata dia.

Untuk mendongkrak pemakaian listrik di Jateng menurut Irwansyah dilakukan dengan pendekatan intensifikasi dan ekstensifikasi.

Intensifikasi dilakukan dengan meningkatkan pemakaian para pelanggan agar lebih produktif agar taraf hidup bisa meningkat.

Sedangkan ekstensifikasi dilakukan dengan melihat peluang di kalangan masyarakat pengguna mesin diesel. Bagaimana caranya agar mereka bisa beralih ke energi listrik.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved