Berita Karanganyar Terbaru

Tol Solo-Kertosono Bakal Dipasang Speed Camera, Kecepatan Lebih dari 120 Km/Jam Ditilang 

Korps Lalu Lintas Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Mabes Polri) bakal memasang kamera speed di jalur tol Trans Jawa.

Istimewa Polres Karanganyar
Korlantas Mabes Polri dan Manajemen PT JSN mengecek lokasi KM 517.400 sebagai titik pemasangan kamera Speed Came, Rabu (23/2/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR  - Korps Lalu Lintas Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Mabes Polri) bakal memasang speed camera di jalur tol Trans Jawa.

Mereka akan memasang alat tersebut, salah satunya di KM 517.400, tepatnya di Waru, Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar yang berada jalur tol Solo-Kertosono.

Kasi Humas Polres Karanganyar AKP Agung Purwoko mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo mengatakan Korlantas Mabes Polri melakukan survei rencana penempatan kamera Speed came di jalur Tol Trans Jawa, Rabu (23/2/2022) sekitar pukul 14.30 WIB sampai selesai.

Baca juga: 3 Jenis Pelanggaran Paling Banyak Dapat Tilang Elektronik di Wonogiri : Masih Jalan Saat Lampu Merah

Baca juga: Dikira Antre BLT, Ternyata Ribuan Orang di Boyolali ini Antre Bayar Tilang, Kena Razia Lalu Lintas

Dia menjelaskan dalam survei tersebut, KBO Satlantas Polres Karanganyar, Iptu Anggoro, Aipda Yusuf Iskandar, Manajer PT JSN Budi Hermawan, Teknisi CCTV JSN Ruli, Iptu Dody  Teknisi Speed Came dari Korlantas.

"Korlantas Mabes Polri datang ke sini untuk mencari titik yang cocok dipasang alat Speed Camera  di Jalur Cepat atau Full Speed di beberapa Titik Jalur Tol Trans Jawa, terutama Wilayah Hukum Polres Karanganyar," ucap Agung, Kamis (24/2/2022).

Agung mengatakan sebelum speed camera ditetapkan di KM 517, semula dari Korlantas menentukan titik Speed Camera di KM 512.

Baca juga: Motornya Tanpa Plat Nomor, ABG ini Masih Tak Terima Kena Tilang di Tawangmangu, Ngaku Anak Wartawan

Namun di titik tersebut terdapat Jalan Berbelok 10 Derajat, sehingga pengguna jalan tol ada titik pengereman sehingga tidak sesuai dengan pentunjuk Korlantas Mabes Polri yang dimana alat tersebut dipasang di posisi jalan lurus.

"Berdasarkan hasil koordinasi dan masukan dari Satlantas Polres Karanganyar dan Pihak JSN penempatan Speed Camera yang awalnya di KM 512 dialihkan di KM 517.400, yang ada jalan lurus terbentang hampir 4 KM tanpa gangguan sama sekali," ucap Agung.

Dia menuturkan, teknisi kamera Speed Camera Korlantas kemudian melaksanakan pengecekan di KM 517.400 berada di Waru, Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar.

Ia menjelaskan dari pengecekan, mereka setuju  akan dipasang kamera di lokasi tersebut dan melaporkan masukan dari Satlantas Polres Karanganyar dan segera dilaporkan ke Korlantas Mabes Polri.

Baca juga: Viral Video Polisi Tilang dan Kuras Bensin Pengendara Motor, Ini Tanggapan Kakorlantas

"Setelah dilaksanakan pengecekan di KM 517.400  Team Korlantas bergerak ke arah Jawa Timur ke KM 643 Tol Ngawi - Kertosono," pungkas Agung.

KBO Satlantas Polres Karanganyar, Iptu Anggoro mengatakan, bagi yang melaju kencang di atas 120 km/jam akan ditilang.

"Mekanisme penilangan seperti ETLE, pengendara yang melebihi ketentuan kecepatan akan dipotret plat nomor dan diproses tilang dan surat tilang akan dikirim ke rumah pemilik kendaraan tersebut sesuai dengan plat nomor pelanggar," papar dia. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved