Pariwisata

Senangnya Perajin Gelang Suriyati, Produk Diborong Menparekraf Sandiaga Uno hingga Diberi Modal

Produk kerajinan tangan gelang milik Suriyani tiba-tiba mendapat orderan melimpah gegara Menparekraf Sandiaga Uno. Raut bahagia Suriyani membahana

Tribunsolo.com/Septiana Ayu Lestari
Suryani (47) saat bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno di Kantor Bupati Pacitan, Sabtu (12/3/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Septiana Ayu Lestari

TRIBUNSOLO.COM, PACITAN - Raut kebahagiaan tak bisa disembunyikan Suriyani (37) warga Sidoharjo, Kabupaten Tuban.

Ia rela datang ke Kabupaten Pacitan untuk mengikuti Workshop Kata Kreatif yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, pada Sabtu (12/3/2022).

Setelah mendapat arahan mengenai ekonomi kreatif, Suriyani berkesempatan langsung mengajarkan Menparekraf Sandiaga Uno membuat gelang.

Dalam kesempatan tersebut, Suriyani juga berbincang dengan Menteri Sandiaga Uno terkait penurunan omzet 50 persen karena pandemi covid-19.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Targetkan Bentuk 3.000 Desa Wisata, Fokus Kembangkan Wisata Bahari

Karena gelangnya cukup unik dan bernilai jual tinggi, Sandiaga turut memborong kreasi buatan tangan Suriyani.

Sandiaga juga menawarkan kepada para pejabat yang hadir, untuk turut memborong karya Suriyani.

Sehingga Suriyani kebanjiran orderan sebanyak 100 pcs.

Tak sampai disitu, Sandiaga Uno juga memberikan suntikan modal kepada Suriyani sebesar Rp5 juta rupiah.

Suriyani pun merasa bersyukur dan berkali-kali mengucapkan terimakasih, karena Menparekraf Sandiaga telah membantunya bangkit pasca pandemi.

Baca juga: Rekomendasi Sport Tourism Seru di Pacitan Ala Menparekraf Sandiaga : Bisa Fun Run, Voli dan Paddling

Baca juga: Potret Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Stasiun Kopi Solo Balapan, Bicara Optimisme Ekonomi 

"Ya terimakasih saya mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dan perhatian dari pemerintah pusat, terutama dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujarnya kepada TribunSolo.com, Sabtu (12/3/2022).

"Tadi alhamdulillah kita mendapatkan bantuan dari Pak Menteri sebesar Rp 5 juta, kita juga mendapat orderan sebanyak 100 buah, dimana satu gelangnya Rp 50.000, sehingga totalnya Rp 10 juta," tambahnya.

Dengan suntikan berupa bantuan modal tersebut, Suriyani lebih bersemangat untuk terus berkarya dengan memulai kembali produksi pasca pandemi covid-19.

Terpisah, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan akan memberikan dukungan khusus bagi pada pelaku UMKM di Kabupaten Pacitan.

"Di Kabupaten Pacitan support khususnya di sub sektor kriya, sub sektor kriya sendiri tahun lalu menjadi urutan teratas dalam ekspor ekonomi kreatif kita keluar negeri," ucap Sandiaga Uno.

Diketahui, total ekspor ekonomi kreatif Indonesia sebanyak $ 21 miliar.

Kemenparekraf sendiri akan terus memberikan dukungan berupa pelatihan hingga akses pembiayaan kepada para pelaku ekonomi kreatif.

"Tentunya ini akan kita beri dukungan, melalui pelatihan, pendampingan, pemasaran dan tentunya pada suatu saat nanti kita akan berikan akses pembiayaan, itu harapan kita kedepan," pungkasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved