Reshuffle Kabinet

Jurus Mendag Zulkifli Hasan Jinakkan Harga Minyak Goreng yang Mencekik, Akui Sudah Punya Formula

Zulkifli Hasan menyebut, sebulan lalu ia sudah berdiskusi dengan para pelaku usaha minyak sawit dan menyampaikan prioritas Presiden Joko Widodo.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
YouTube Sekretariat Presiden
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (15/6/2022) 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Menteri Perdagangan yang baru Zulkifli Hasan berjanji akan langsung bekerja menuntaskan masalah minyak goreng.

Ia pun membeberkan formula untuk mengatasi persoalan harga dan pasokan minyak goreng curah dalam beberapa hari mendatang.

"Ada beberapa cara dan formula yang bisa mengatasi itu. Kita tunggulah satu dua hari," kata Zulkifli Hasan dilansir dari Antara, Kamis (16/6/2022).

Zulkifli Hasan menyebut, sebulan lalu ia sudah berdiskusi dengan para pelaku usaha minyak sawit dan menyampaikan bahwa prioritas Presiden Joko Widodo adalah harga minyak goreng curah Rp 14.000 per liter dengan pasokan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Usai Dilantik Jadi Mendag, Zulkifli Hasan Janji Bereskan Masalah Minyak Goreng : Kasihan Rakyat

Baca juga: Bocoran Reshuffle Siang Ini : Zulkifli Hasan Dikabarkan Jadi Mendag, Hadi Tjahjanto Menteri ATR/BPN

"Sebulan lalu saya diskusi dengan teman-teman pelaku usaha minyak sawit. Ada skala prioritas. Prioritas Presiden itu Rp 14.000 minyak curah, sampai di tempat barangnya ada. Nah itu yang tidak tuntas," tukas Zulkifli Hasan.

Dirinya menyatakan yakin bisa segera menyelesaikan persoalan distribusi dan pengendalian harga minyak goreng yang setengah tahun terakhir tak kunjung teratasi.

"Saya kira background pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di manapun dan harga terjangkau. Itu yang penting," kata Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan menegaskan ia sudah siap untuk bekerja sama dengan jajaran Kementerian Perdagangan untuk melanjutkan upaya penyelesaian masalah ketersediaan dan pengendalian harga minyak goreng.

"Tentu kita akan bersama-sama nanti, sekali lagi agar masalah minyak goreng yang lama ini bisa kita selesaikan dengan cepat dan segera. Kalau berlama-lama kan kasihan rakyat. Itu saya kira prioritas," katanya.

"Semua pihak yang terkait tentu, enggak mungkin sendiri kan. Itu kan pekerjaan besar ya. Tapi kalau sudah ketemu permulaannya saya kira mudah ya," ujar Zulkifli Hasan.

Diberitakan TribunSolo.com sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Zulkifli Hasan menjadi Mendag menggantikan Muhammad Lutfi yang menjabat sejak 23 Desember 2020.

Sebelum jadi Mendag, Zulkifli Hasan merupakan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI pada 2014-2019.

Zulkifli pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan menggantikan Malem Sambat Kaban pada 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014. (*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved