Techno

Cara Cek Kondisi Baterai di Android dan iPhone, Lengkap dengan Cara Merawat Baterainya

Beberapa dari Anda mungkin sedang bingung untuk mencari cara mengecek kondisi baterei android dan iPhone.

nextren
Ilustrasi smartphone Android 

TRIBUNSOLO.COM - Beberapa dari Anda mungkin sedang bingung untuk mencari cara mengecek kondisi baterei android dan iPhone.

Pengecekan tersebut bisa dilakukan untuk mengetahui apakah baterai ponsel masih dalam kondisi prima atau tidak.

Baca juga: History Chat WhatsApp dari HP Android Bisa Ditransfer ke HP Iphone dengan Mudah, Begini Caranya

Dengan melakukan pengecekan secara berkala, pengguna bisa melakukan langkah preventif untuk mencegah kerusakan baterai. 

Cek kondisi baterai ponsel Android

Berbeda dengan iPhone, ponsel Android tidak memiliki menu pengecekan status baterai bawaan.

Pengguna sejatinya bisa melihat kondisi baterai dengan menekan tombol "#*#4636#*#*" di menu dialer ponsel dan lantas memilih menu "Baterry Information". Hanya saja, tidak semua ponsel Android memiliki menu tersebut.

Sebagai alternatif, pengguna bisa memasang berbagai aplikasi gratis yang tersebar di Google Play Store untuk melakukan pengecekan baterai, salah satunya adalah AccuBattery yang bisa diunduh di tautan berikut.

 

 

Kondisi baterai sendiri bisa dilihat di tab "Health" pada aplikasi tersebut.

Meski demikian, informasi tersebut tidak akan bisa diketahui pada saat pengguna memasang AccuBattery untuk pertama kalinya.

Pasalnya, aplikasi tersebut membutuhkan beberapa hari untuk mengkalibrasi performa baterai dan memperkirakan kapasitas maksimal pengecasan ponsel tersebut, apakah kinerjanya masih bagus atau tidak.

Nantinya, AccuBattery akan merekam kegiatan yang berkaitan dengan pengisian dan penggunaan baterai ponsel selama aplikasi tersebut terpasang.

Setelah beberapa hari, maka AccuBattery bakal menampilkan kapasitas maksimal baterai ponsel yang dipasangi aplikasi tersebut, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

 

 

Jika melihat gambar di atas, "Design capacity" merupakan kapasitas baterai ponsel yang terpasang dengan AccuBattery, sedangkan "Estimated capacity" merupakan kapasitas perkiraan baterai yang direkam oleh aplikasi tersebut.

Dalam kasus di atas, pengisian baterai pada ponsel tersebut mentok di 3.644 mAh, atau 87 persen dari kapasitas baterai aslinya (4.200 mAh).

Sama seperti iPhone, baterai ponsel Android biasanya dinilai usang apabila kapasitas pengecasan maksimalnya berada di bawah persentase 80 persen.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol Pakai Aplikasi Google Maps di HP Android, Kini Bisa Menghitung Estimasi Biayanya

Cek kondisi baterai iPhone

iPhone memiliki fitur bawaan untuk mengecek kondisi baterai. Pengguna iPhone bisa dengan mudah mengecek kondisi baterai dengan mengunjungi menu "Settings" > "Battery" > dan "Battery Health".

 

 

Pada tampilan Battery Health, pengguna akan melihat kapasitas maksimal pengecasan ponsel dengan angka 1 - 100 persen, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Apabila kapasitasnya berada di bawah 80 persen, maka baterai iPhone tersebut sudah tergolong usang dan perlu diganti agar performa ponsel tetap maksimal.

Sementara apabila kapasitas maksimal berada di angka 80 persen, maka baterai masih tergolong "sehat" dan belum memengaruhi performa.

Baca juga: Cara Mengubah Rekaman Suara Menjadi Ketikan di iPhone, Bisa Akurat karena Mendukung Bahasa Indonesia

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved