Berita Daerah

Nasib SPBU di Serang yang Ketahuan Curangi Takaran hingga Untung Rp 7 Miliar, Kini Ditutup Pertamina

Pertamina menutup SPBU SPNI 344217 Gorda di Jalan Raya Serang-Jakarta, setelah terungkapnya kecurangan dari pengelola.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Kolase Instagram
Kolase suasana SPBU Curang di Serang dan barang bukti yang ditunjukan oleh petugas Rabu (22/6/2022). Kini SPBU tersebut ditutup Pertamina. 

TRIBUNSOLO.COM, BANTEN -- PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Subholding Regional Jawa Bagian Barat akhirnya mengambil tindakan tegas terhadap SPBU yang viral karena pegawainya melakukan kecurangan.

Pertamina memutuskan menutup Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) SPNI 344217 Gorda di Jalan Raya Serang-Jakarta, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten.

Keputusan ini dilakukan setelah terungkapnya kecurangan dari pengelola dengan memodifikasi mesin dispenser menggunakan remote control.

Sejumlah konsumen melapor mengalami kerugian akibat pengurangan jumlah takaran bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamax, Pertamina Dex, Dexlite, dan Solar dengan uang yang dibayarkan.

Baca juga: Viral Ajakan Isi BBM dengan Nominal Ganjil, Alasannya Agar Tak Dicurangi, Pertamina Buka Suara

Pertamina sebelumnya mengapresiasi penindakan yang dilakukan Polda Banten dalam mengawal dan mengawasi jalannya pendistribusian BBM bersubsidi tersebut.

Hal itu disampaikan Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan.

"Sehingga BBM khususnya Subsidi bisa tersalurkan dengan baik dan semestinya kepada masyarakat yang berhak," ujar Eko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/6/2022).

Pertamina menyarankan agar masyarakat mengisi di SPBU terdekat yakni SPBU 3442120 yang berjarak sekitar 4.5KM dan SPBU 3442102 yang berjarak sekitar 5 kilometer.

Pertamina, lanjut Eko, senantiasa mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawal dan mengawasi penyaluran distribusi BBM bersubsidi.

Baca juga: Aksi Curang SPBU di Serang Terbongkar, Kurangi Takaran Pakai Remote Control, Untung Rp 5 Juta Sehari

"Apabila menemukan indikasi kecurangan dapat melaporkan kepada aparat kepolisian maupun Pertamina Call Center 135," tandasnya.

Viral Aksi Curang SPBU di Serang Terbongkar

Aksi praktik kecurangan yang dilakukan pengelola SPBU di wilayah Kabupaten Serang, Banten, terbongkar.

Kepolisian berhasil membongkar aksi curang SPBU dengan mengurangi takaran.

Mirisnya kejadian oknum pegawai SPBU ini sudah dilakukan sejak dari tahun 2016 sampai dengan Juni 2022, dengan jumlah keuntungan sekitar Rp 7 miliar.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved