Breaking News:

Berita Sragen Terbaru

Sekolah Terbiasa Berperilaku Hemat Energi, SMPN 1 Sumberlawang Sragen Siap Menuju Adiwiyata Nasional

SMPN 1 Sumberlawang kini menuju sekolah Adiwiyata Nasional. Mereka terbiasa berprilaku hemat energi seperti hemat listrik, dan lain sebagainya.

TribunSolo.com/Septiana Ayu Lestari
Guru-guru di SMPN 1 Sumberlawang, Kabupaten Sragen berfoto di halaman sekolah siap menuju sekolah Adiwiyata. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Septiana Ayu Lestari

TRIBUNSOLO.COM, SRAGEN - SMP Negeri 1 Sumberlawang, Kabupaten Sragen kini siap menjadi sekolah Adiwiyata Nasional.

Sekolah kebanggan warga Sumberlawang dan Kabupaten Sragen tersebut sebelumnya telah menyandang gelar sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Sragen dan Provinsi Jawa Tengah. 

Sehingga warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, komite, siswa, orang tua hingga warga sekitar lingkungan sekolah sudah terbiasa dengan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Baca juga: Hari Pertama Masuk Sekolah di Sragen, SD dan SMP Langsung Terapkan PTM 100 Persen, Ini Aturannya

Seluruh warga sekolah SMP Negeri 1 Sumberlawang telah dibiasakan untuk mencintai lingkungan dan menjaga kebersihan di manapun berada.

Tak hanya itu, semua warga sekolah juga dibiasakan untuk hidup tertib, baik tertib waktu berangkat sekolah, belajar, ibadah hingga tertib pulang sekolah untuk langsung pulang ke rumah. 

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sumberlawang, Drs. Joko Susilo, M.Pd mengatakan, ada penanaman karakter yang lain, yakni untuk hemat energi yang dirasa paling penting. 

"Artinya kita menanamkan betul jika saat menggunakan listrik sesuai dengan kebutuhan, misalnya kipas angin, AC maupun peralatan elektronik lain tidak digunakan harus dimatikan," ujarnya kepada TribunSolo.com, Kamis (14/7/2022). 

Tak hanya listrik, para siswa khususnya ditanamkan untuk menghemat air sehingga tidak ada keran yang bocor atau air yang terbuang sia-sia. 

"Program penghematan energi yang lain, sebulan sekali warga sekolah diimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor atau mobil ke sekolah," jelasnya. 

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved