Info Surakarta

Imigrasi Surakarta bersama TIMPORA Koordinasikan Pengawasan Orang Asing di Sukoharjo

Dalam rapat ini, hadir beberapa instansi mulai dari Bakesbangpol Sukoharjo, Kodim 0726 Sukoharjo, Polres Sukoharjo, Bea dan Cukai Surakarta dll

Penulis: Tribun Network | Editor: Rifatun Nadhiroh
Doc
TIMPORA Koordinasikan Pengawasan Orang Asing di Sukoharjo 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Sebagai salah satu daerah di Solo Raya dengan perkembangan ekonomi melalui industrialisasi yang pesat, Sukoharjo mengalami peningkatan kehadiran orang maupun investasi asing yang sangat dibutuhkan karena membawa manfaat bagi pembangunan dan pertumbuhan/perkembangan ekonomi di wilayah Sukoharjo.

Namun dampak negatif dari kehadiran orang asing juga harus diwaspadai.

Oleh karena itu, Imigrasi Surakarta bersama TIMPORA Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan Rapat Koordinasi TIMPORA Kabupaten Sukoharjo yang digelar di Hotel Tosan, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (19/9/2022).

Dalam rapat ini, hadir beberapa instansi mulai dari Bakesbangpol Sukoharjo, Kodim 0726 Sukoharjo, Polres Sukoharjo, Bea dan Cukai Surakarta, Disnaker Sukoharjo, Kejaksaan Negeri, BAIS TNI, dan Disdukcapil Sukoharjo.

Baca juga: Imigrasi Surakarta bersama TIMPORA: Jaga Keamanan Negara melalui Pengawasan Orang Asing di Wonogiri

Rapat koordinasi ini dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi, Winarko.

"Pengawasan orang asing sesuai dengan Pasal 2 Permenkumham No 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing ini adalah upaya mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing di wilayah Indonesia khususnya Sukoharjo," kata Winarko.

Beliau melanjutkan bahwa sebagai bentuk penegakan kedaulatan negara, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) ditujukan untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional, khususnya di wilayah Sukoharjo dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara serta keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI.

Baca juga: Peringatan Hari Jadi Kemenkumham di Imigrasi Surakarta : Dari Donor Darah Hingga Upacara Bendera

Terutama karena tingginya aktivitas WNA sebagai hasil dari meningkatnya industrialisasi di wilayah Sukoharjo yang menarik banyak Tenaga Kerja Asing.

Rapat TIMPORA ini bertujuan untuk mengoordinasikan dan menyelaraskan pandangan dari masing-masing instansi yang terlibat.

Dengan keselarasan pandangan, diharapkan dapat tercipta sinergi antar instasi untuk mewujudkan pengawasan orang asing yang berkelanjutan. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved