Berita Klaten Terbaru

Tingkatkan Layanan Pelayanan, Disdukcapil Klaten Gelar Bimtek Sakura, Bimbingan Buat Operator Desa

Kegiatan bimbingan teknis aplikasi Sistem Layanan Adminitrasi Kependudukan Dalam Jaringan (Sakura) berbasis web dan PKS digelar Disukcapil Klaten.

Penulis: Ibnu DT | Editor: Adi Surya Samodra
TribunSolo.com / Dokumentasi Kominfo Klaten
Potret suasana bimbingan teknis aplikasi Sistem Layanan Adminitrasi Kependudukan Dalam Jaringan (Sakura) berbasis web dan perjanjian kerjasama (PKS).  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Ibnu Dwi Tamtomo

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Kegiatan bimbingan teknis aplikasi Sistem Layanan Adminitrasi Kependudukan Dalam Jaringan (Sakura) berbasis web dan perjanjian kerjasama (PKS) digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Klaten, Rabu (16/11/2022) di Joglo Tumiyono, Ngerangan, Bayat. 

Peserta dalam kegiatan tersebut merupakan operator desa dari daerah pemilihan (dapil) empat dan lima, yakni desa dari Kecamatan Ceper, Delanggu, Juwiring, Wonosari, Bayat, Cawas, Karangdowo, Pedan, Trucuk. 

Sementara itu, tim teknis dari Disdukcapil Klaten bertindak sebagai narasumber sekaligus mentor pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutan Bupati Klaten yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Surti Hartini secara simbolis membuka acara bimbingan teknis tersebut. 

Saat ini, Dinas Dukcapil Kabupaten Klaten telah mengembangkan layanan online dari Sakura berbasis google form menjadi Sakura berbasis web, untuk mempercepat dan mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan. 

"(Itu) demi terwujudnya pelayanan yang membahagiakan masyarakat, Dinas Dukcapil Kabupaten Klaten menjalin kerjasama inovasi pelayanan administrasi kependudukan dengan Kepala Desa atau Lurah di Kabupaten Klaten,” jelas Surti Hartini saat membacakan sambutan Bupati Klaten.

Baca juga: Tersebar di Prambanan-Delanggu, PDM Klaten Siapkan 25 Posko Transit Peserta Muktamar Muhammadiyah

Baca juga: Bangga! Klaten Jadi Percontohan Nasional Pembentukan PKUB Tingkat Desa, Bupati Terima Penghargaan

Ia minta kepada Kepala Desa dan Lurah agar memperbarui perjanjian kerjasama (PKS) dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Klaten sekaligus penunjuk petugas pelayanan administrasi kependudukan di Desa atau Kelurahan.

Dalam penjelasannya, dirinya mengungkapkan dengan tertib administrasi kependudukan akan mendukung terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan, tepat guna, dan tepat sasaran. 

Hal guna memberikan aksesibilitas kepada masyarakat terhadap seluruh layanan publik, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Dalam kesempatan itu dirinya mengajak, kepada seluruh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beserta seluruh jajaran terkait, termasuk yang hadir di sini (operator desa), untuk turut menyukseskan penyelenggaraan tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Klaten.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Klaten, Sunarna menjelaskan, jika penerapan peningkatan kualitas pelayanan publik adalah mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang cekatan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Kami sampaikan bahwa penyelenggaraan ini merupakan suatu implementasi dari pelaksanakan program unggulan daerah yang dicanangkan dan sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD berupa perda RPJMD," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya selalu berupaya untuk mewujudkan sistem yang lebih baik sistem yg dapat membantu masyarakat yang dinamakan sakura. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved