Piala Dunia 2022

Profil Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Eks Panglima TNI yang Beri Doa Restu Prosesi Siraman Kaesang

Sejumlah tokoh dipercaya untuk mendoakan calon pengantin, khusus Kaesang Pangarep saat prosesi siraman.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Hadi Tjahjanto resmi menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

TRIBUNSOLO.COM - Sejumlah tokoh dipercaya untuk mendoakan calon pengantin, khusus Kaesang Pangarep saat prosesi siraman.

Prosesi siraman tersebut dilakukan di kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jumat (9/11/2022) pukul 08.00 WIB.

Tokoh yang ikut mendoakan pada prosesi siraman Kaesang Pangarep adalah Mahfud MD, Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husono, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu serta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana.

Satu diantara tokoh tersebut adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto.

Untuk diketahui sosok mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan menteri sebelumnya Sofyan Djalil.

Arek Malang kelahiran 8 November 1963 tersebut kembali ke lingkar pemerintahan setelah sebelumnya ia menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa pada 19 November 2021 karena purna tugas.

Pria yang identik dengan kumis tebalnya ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara 1987. 

Dikutip dari setneg.go.id, Hadi pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI. Pada 2010-2011, Hadi dipercaya mengemban posisi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

Pada 2011-2013, Hadi menempati jabatan Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) pada 2013-2015.

Baca juga: Badan Kaesang Gempal Berotot, Presiden Jokowi Tak Kuat Gendong di Upacara Jawa

Pada 2016, Hadi kembali memegang tongkat komando sebagai Danlanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Tak berhenti sampai di situ, Hadi kemudian dipercaya menjadi Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015-2016 dan Irjen Kementerian Pertahanan pada Oktober 2016.

Karier pria lulusan SMAN 1 Lawang, Malang tersebut semakin menterang dengan penunjukkannya menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada 2017.

Pada tahun yang sama, Hadi kemudian mengemban posisi tertinggi di TNI sekaligus menjadi puncak karier militernya, yakni sebagai Panglima TNI ke-20. Ia mengemban posisi ini sejak 2017-2021.

Setelah pensiun, Hadi kemudian dipercaya menjadi Komandan Lapangan persiapan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved