KPU Ingatkan Pemilih Tidak Bawa Gawai dan Ambil Gambar Saat Mencoblos

Beberapa pemilih yang sudah melakukan pemungutan suara di luar negeri ada yang mendokumentasikan kegiatan pencoblosannya

KPU Ingatkan Pemilih Tidak Bawa Gawai dan Ambil Gambar Saat Mencoblos
KOMPAS/RADITYA HELABUMI
Ilustrasi mencoblos. Foto diambil saat pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya periode 2010-2015 di TPS 04, Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak, Surabaya. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis mengingatkan pemilih untuk tak mendokumentasikan kegiatan mereka saat mencoblos surat suara pemilu.

Selain mencederai hak pemilih, ada aturan yang melarang pemilih untuk mendokumentasikan kegiatan pencoblosan surat suara.

"Enggak boleh (mendokumentasikan pencoblosan surat suara"

"Dia mencederai haknya sendiri, kan hak pilih itu rahasia," kata Viryan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Amy Qanita Beri Pengakuan, Tak Minta Apa-apa dari Raffi Ahmad Hanya Ingin Bisa Kumpul Anak Cucunya

Viryan juga mengingatkan pemilih tak membawa gawai ke bilik suara.

Sebab, aturan juga melarang hal ini.

Beberapa pemilih yang sudah melakukan pemungutan suara di luar negeri ada yang mendokumentasikan kegiatan pencoblosannya.

Menurut Viryan, hal ini terjadi karena ketidaktelitian petugas saat melakukan pengecekan gawai milik pemilih sebelum memasuki bilik suara.

"Mungkin itu ada yang terlewati dicek sama jajaran kami"

"Tapi secara substansi enggak boleh bawa gadget atau memfoto," ujar Viryan.

Tanggapi Said Didu, Burhanuddin Muhtadi: Kalau Tidak Lapor Polisi Justru Menimbulkan Syak Wasangka

"Namun kalau sudah terjadi, kita bisa menilai seperti itu kualitas pemilih yang demikian," lanjut dia.

Larangan mendokumentasikan kegiatan pencoblosan surat suara tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Pasal 42 menyebutkan, " Pemilih dilarang mendokumentasikan hak pilihnya di bilik suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41".

Sementara itu, Pasal 35 ayat (1) huruf m Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2019 mengatakan, larangan menggunakan telepon genggam dan/atau alat perekam gambar lainnya di bilik suara. (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemilih Dilarang Membawa Gawai dan Mengambil Gambar Saat Mencoblos"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved