Penderita Kanker Payudara Asal Sragen yang Disebut Sandiaga Uno sudah Optimal Terlayani BPJS

Sandi menyebutkan Ibu Nis terpaksa menghentikan pengobatan kanker payudara lantaran biayanya tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Penderita Kanker Payudara Asal Sragen yang Disebut Sandiaga Uno sudah Optimal Terlayani BPJS
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Kantor BPJS Kesehatan Cabang Surakarta. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Seusai disebut calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno, dalam acara debat cawapres, Minggu (17/3/2019), nama warga Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Niswatin Naimah, penderita kanker payudara, tiba-tiba menyeruak ke permukaan.

Sandiaga Uno salah sebut dalam debat tersebut dengan nama Lies Sugiyarti, di mana yang benar adalah Niswatin Naimah, atau yang disapa Ibu Nis.

Sandi menyebutkan Ibu Nis terpaksa menghentikan pengobatan kanker payudara lantaran biayanya tidak ditanggung oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Pernyataan tersebut juga dibenarkan oleh Ibu Nis saat dikonfirmasi awak media.

Pihaknya menyebut keluhannya tidak terlayani BPJS dengan baik kepada Sandiaga Uno, saat kunjungannya ke Pasar Bunder, Sragen, akhir 2018 lalu.

"Saya menderita kanker payudara stadium dua, selama pengobatan, operasi, kemoterapi, dan perawatan lainnya saya tercover BPJS Kesehatan, namun kelanjutannya saya tidak dapat melanjutkan pengobatan berupa suntikan anti HER2 (trastuzumab) karena sudah tidak tercover lagi," imbuhnya.

Kemenkominfo Ajak Warga Solo Jadi Peserta BPJS 2019, Kini Bisa Daftar Online via Play Store

Pihaknya mengaku saat diperiksa HER2, pihaknya positif, dan kelanjutannya seharusnya mendapatkan suntikan tambahan setelah kemoterapi ketujuh berakhir, untuk mencegah kanker yang mematikan tersebut.

"Dulunya tercover, namun usai kebijakan baru yang berlaku yakni per 1 April 2018 sekarang tidak tercover lagi," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Bimantoro, mengklarifikasi berdasarkan data yang ada, Ibu Nis telah mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Halaman
12
Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved