Berita Sukoharjo Terbaru

Gandeng 7 Sekolah Binaan, SMP N 1 Grogol Sukoharjo Maju Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri

SMP N 1 Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah menapaki langkah untuk meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri 2019.

Gandeng 7 Sekolah Binaan, SMP N 1 Grogol Sukoharjo Maju Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri
TribunSolo.com/Agil Tri
Tim Adiwiyata SMP N 1 Grogol, Mulyani saat menunjukan hasil karya daur ulang dan guna ulang sampah di SMP N 1 Grogol,Senin (19/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - SMP N 1 Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah menapaki langkah untuk meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri 2019.

Pada 2018 lalu, SMPN 1 Grogol berhasil meraih Adiwiyata Nasional bersama MIN 2 Sukoharjo untuk Sekolah yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Salah satu Tim Adiwiyata SMP N 1 Grogol, Mulyani, mengatakan, untuk meraih Adiwiyata Mandiri, setiap sekolah harus memiliki sekolah binaan untuk menuju sekolah adiwiyata kabupaten.

"Kami punya tugas untuk menjadikan sekolah binaan sebagai sekolah adiwayita, karena itu salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menuju sekolah adiwiyata mandiri, katanya, Senin (19/8/2019).

SMP N 1 Grogol setidaknya sudah menggandeng tujuh sekolah yang menjadi binaannya, seperti SMP N 1 Baki, SMP N 1 Gatak, SMP N 1 Bendosari, SMP N 1 Tawangsari, SD Kagokan (Gatak), dan SD Singopuran (Kartasura).

Dari jumlah itu minimal dua sekolah menjadi sekolah adiwiyata kabupaten, tapi target semua sekolah bisa masuk, karena sebagai upaya untuk penanganan masalah sampah di Kabupaten Sukoharjo.

"KAmi terus melakukan pendampuingan dan sosialisasi terhadap sekolah binaan kami."

"Saat ini, program-program sekolah adiwiyata sudah diterapkan, berkas dan administrasi untuk mengarah kesana sudah dipersiapkan," imbuhnya.

Adupun sejumlah program unggulan yang dimiliki SMP N 1 Grogol, seperti pemisahan sampah dalam 5 kriteria, yaitu sampah organik, sampah non organik, B3, guna ulang, dan daur ulang.

Bahkan sudah ada pupuk kompos hasil pengolahan sampah organik yang dimanfaatkan untuk penanaman berbagai tumbuhan di lingkungan sekolah.

Kasi Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Purwanto Adi Nugroho, mengapresiasi dan mendukung sekolah-sekolah yang menuju Adiwiyata ini.

Dua sekolah yang tahun lalu meraih adiwiyata nasional, saat ini sedang mempersiapkan maju ke sekolah adiwiyata mandiri.

"Persiapan sedang dilakukan untuk mendukung sekolah adiwiyata mandiri, serta kami terus melakukan pendampingan," pungkasnya.

BKN Berharap Pemerintah Naikkan Gaji PNS pada 2020

Kecelakaan Maut Truk VS Motor di Jembatan Bacem Grogol Sukoharjo, Dua Orang Meninggal Dunia

Fakta Tewasnya Remaja 14 Tahun di Riau Karena Dibunuh Pacar Gunakan Cangkul, Tolak Berhubungan Badan

(*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved