Fahri Hamzah Sebut Kehadiran Jokowi di Papua Lebih Cepat Lebih Baik

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyebut kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini dibutuhkan oleh masyarakat Papua dan Papua Barat.

Fahri Hamzah Sebut Kehadiran Jokowi di Papua Lebih Cepat Lebih Baik
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, menjawab pertanyaann wartawann seusai menjalani pemeriksaan Direskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyebut kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini dibutuhkan oleh masyarakat Papua dan Papua Barat, setelah adanya dugaan rasisme terhadap mahasiswa asal Bumi Cendrawasih di asrama, Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Lebih cepat lebih baik (kehadiran Jokowi di Papua), karena ada yang luka (hatinya di hina)," ujar Fahri di komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (21/8/2019), seperti dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com.

Menurut Fahri, yang dibutuhkan masyarakat Papua saat ini ketenangan dan jaminan dari pemerintah bahwa persoalan penghinaan kepada masyarakat Bumi Cendrawasih tidak terulang kembali ke depannya.

Ketua DPRD dan Bupati Mimika yang Tak Kunjung Datang Diduga Memicu Kerusuhan di Timika

"Jangan dianggap ini hanya sekadar soal salah paham, orang enggak akan salah paham sampai begini. Ada sesuatu yang mendalam dan itu harus segera diselesaikan," ujar Fahri.

Politisi PKS itu menilai, dalam menangani Papua dan Papua Barat tidak bisa hanya diselesaikan dengan bangunan fisik saja, tetapi ada yang lebih dalam yaitu perasaan.

"Ada sesuatu yang lebih dalam, ada soal hari, ada soal perasaan," ucap Fahri.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua, Lenis Kogoya akan mengajak Presiden Jokowi ke Papua dan Papua Barat.

Hal tersebut diutarakan Lenis saat dirinya menghadap Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Wakil Wali Kota Malang Bantah Pernah Keluarkan Statemen soal Pulangkan Mahasiswa Papua

"Mungkin dalam waktu tidak terlalu lama, kami ajak pak presiden ke Papua lagi, untuk berdialog, untuk berdiskusi dengan masyarakat Papua."

"Mungkin Papua dan Papua Barat, dari tokoh adat, atau pemerintah," ujar Lenis.

Menurut Lenis, diskusi dengan tokoh dan masyarakat adat di Bumi Cendrawasih sangat perlu, mengingat beberapa bulan lagi akan memasuki pemerintahan yang baru dan mengetahui keinginan masyarakat di sana.

"Harapan-harapan apa saja yang masyarakat Papua memikirkan, saya akan minta langsung pada pak presiden, diajak, mungkin minggu depan atau bulan ini, supaya presiden ketemu langsung dengan masyarakat Papua dan Papua Barat," tutur Lenis.  (Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Fahri Sebut Semakin Cepat Jokowi ke Papua, maka Semakin Baik"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved